Seribu Pendaftar IPDN Gugur di Tes Psikologi dan Integritas

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 04 Aug 2017 18:06 WIB
pns
Seribu Pendaftar IPDN Gugur di Tes Psikologi dan Integritas
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Ribuan orang mendaftar jadi calon mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jawa Barat. Seribu orang lebih gugur di tes psikologi, integritas dan kejujuran SPCP IPDN. 
 
Peserta tes berjumlah 2.983 orang dan berasal dari 34 Provinsi. Sebanyak 25 peserta tidak hadir.  "Jumlah peserta yang memenuhi syarat tes sebanyak 1.914 orang," kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyadur laporan dari Rektor IPDN, Ermaya Suradinata melalui pesan singkat, Jumat 4 Agustus 2017.
 
Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi tes psikologi, integritas dan kejujuran akhirnya hanya berjumlah 1.718 orang. Mereka dinyatakan berhak mengikuti tahapan tes penentuan akhir (Pantukhir) di IPDN Jatinangor.
 
Peminat calon mahasiswa bersekolah di IPDN Jatinangor masih tinggi. Meski demikian, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperketat aturan di fasilitas pendidikan yang terkenal dengan stigma kekerasan tersebut.
 
Sanksi tegas berupa pemecatan menanti siapa saja yang berani terlibat kekerasan di institut pencetak abdi negara tersebut. "Siapapun yang terlibat pemukulan, kami pecat," kata Mendagri berulang kali mengingatkan.
 


(SUR)