Keputusan Moratorium UN Dinilai Tepat

Dheri Agriesta    •    Senin, 28 Nov 2016 12:59 WIB
ujian nasional
Keputusan Moratorium UN Dinilai Tepat
Ilustrasi ujian nasional -- ANT/Lucky R

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berencana melakukan moratium ujian nasional (UN) dan mengembalikan pelaksanaan ujian kelulusan siswa ke pemerintah daerah. Keputusan ini dinilai tepat dan tak membebani daerah.

"Justru akan lebih sesuai. Kalau bagi saya, harusnya memang di satuan pendidikan, di sekolah," kata pengamat pendidikan Budi Trikorayanto kepada Metrotvnews.com, Senin (28/11/2016).

Wakil Ketua Umum Asosiasi Sekolah Rumah & Pendidikan Alternatif (Asah Pena) ini mengatakan, penyerahan pelaksanaan ujian kelulusan ke daerah adalah langkah tepat. Pasalnya, satuan pendidikan daerah dan sekolah dinilai lebih mengenal potensi dan kemampuan siswa.

(Baca: Pelaksana UN SMA diserahkan ke Pemda)

Lagi pula, pelaksanaan UN selama tiga hari untuk menentukan kelulusan siswa dinilai tindakan yang keliru. Apalagi, pelaksanaan UN rentan kecurangan oleh oknum siswa dan guru.

"Yang tahu anak didik itu kan pendidiknya, sekolahnya," kata dia.

(Baca: Menjadikan UN sebagai Alat Pemetaan Pendidikan Dinilai Keliru)

Jika negara masih ingin memberlakukan pengakuan secara nasional, siswa dapat mengikuti ujian pengakuan secara sukarela. Program ini dapat dijalankan seperti pengambilan ujian bahasa, serupa TOEFL atau IELTS.

"Secara opsional saja, terserah anaknya (siswa)," pungkas Budi.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas penangguhan UN. Presiden Jokowi setuju dengan wacana itu.

Pelaksanaan moratorium tinggal menunggu instruksi presiden diterbitkan. Saat ini, kata Muhadjir, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah merampungkan persiapan moratorium UN.

Muhadjir juga telah mengumpulkan kepala dinas pendidikan se-Indonesia untuk menjelaskan secara teknis. Moratorium UN ditargetkan terealisasi pada 2017.

 


(NIN)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

36 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA