Ayu Penggalang Pramuka Diharap Menginspirasi Anak Indonesia

Fauzan Hilal    •    Rabu, 11 Jan 2017 10:15 WIB
pramuka
Ayu Penggalang Pramuka Diharap Menginspirasi Anak Indonesia
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault berbincang dengan Putri `Ayu` Luthfiyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Pramuka Penggalang, Putri `Ayu` Luthfiyah, menjadi pemeran utama film Ayu Anak Titipan Surga. Peran Putri dalam film itu diharap dapat menginspirasi anak Indonesia dalam mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma.
 
Film Ayu Anak Titipan Surga menceritakan siswa SD bernama Ayu ,9, yang datang dari keluarga kurang sejahtera.
 
Ayu merupakan Pramuka sejati yang rajin mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma. Karakter yang menonjol dari Ayu adalah kesabarannya menghadapi fitnah dan berbagai upaya untuk mencelakakan dirinya.
 
Ayu bahkan menolong seorang anak bernama Evi dari perdagangan manusia, padahal Evi kerap berupaya mencelakai Ayu.
 
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, mengatakan, Ayu merupakan sosok yang rajin ibadah, jujur, berani, hormat pada orangtua dan karakter-karakter positif lainnya.

“Ini yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Ayu ini kita harapkan jadi model yang menginspirasi anak-anak Indonesia. Cerdas saja tidak cukup, namun harus jujur, berani, hormat pada orangtua dan sopan,” kata Adhyaksa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/1/2017).
 
Adhyaksa bersyukur film itu mengambil lokasi di Sekolah Dasar, karakter anak mulai terbentuk saat duduk dibangku SD.

“Misalnya bagaimana seorang anak memperlakukan penjaga sekolah atau petugas kebersihan sekolah yang sudah tua,” ujar Adhyaksa.
 
Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi, mengatakan, peran Ayu dapat  menginspirasi anak Indonesia.

“Setiap tindak kejahatan atau kebencian tidak perlu dibalas dengan kejahatan atau kebencian juga,  tetapi justru dibalas dengan kasih sayang dan kekuatan cinta. Ini semua terjadi di dalam diri seorang Ayu,” kata pria yang akrab disapa kak Seto itu.
 
Sekedar diketahui, filam Ayu Anak Titipan Surga diproduseri oleh Bagus Haryanto, dan disutradarai Guntoro Sulung.
 
Film dibintangi dua bintang cilik, Putri Luthfiyah (Ayu), dan Zila Zafila (Evi). Sebelum tayang resmi 12 Januari 2017 nanti, film ini sudah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai film dengan penonton terbanyak sebelum tayang resmi.
 
Predikat ini diraih berkat acara nonton bareng sebelum ditayangkan secara resmi di seluruh bioskop nasional.
 



(FZN)