Bantuan untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh Siap Dikirim

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 12 Sep 2017 12:51 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Bantuan untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh Siap Dikirim
Menlu Retno Marsudi/ANT/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bantuan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh siap dikirim. Pengiriman bantuan diperkirakan dilakukan dalam beberapa kloter.

"Dengan pemerintah Bangladesh, dengan menteri luar negeri Bangladesh, tadi saya sampaikan bahwa bantuan kita sudah siap dalam waktu dekat ini," kata Retno di Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Selasa 12 September 2017.

Menurut Retno, bantuan dikirim mengingat ada sekitar 290 ribu pengungsi yang berada di sana. Pengungsi kebanyak lari ke negeri yang bersebelahan dengan Myanmar itu.

Retno menjelaskan, banyak pihak yang berminat mengirimkan bantuan. Bantuan yang dikrim berupa beras, selimut, pakaian, alat kebersihan seperti sabun, sampo, dan baju anak-anak. Nantinya, bantuan akan disesuaikan kebutuhan di lapangan.

Tim advance, kata dia, sudah sampai di Bangladesh untuk persiapan pendaratan pesawat pembawa bantuan. Pesawat akan mendarat di Chittagong, Bangladesh.

"Jadi tidak mendarat di Cox's Bazar sementara jarak antara Chittagong dan Cox's Bazar itu sekitar 170 km, kalau dilihat dari jarak tidak begitu panjang, tetapi kalau dari waktu tempuh kemungkinan akan memerlukan waktu tempuh yang lebih lama," jelas Retno.


(OJE)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA