Maftuh Basyuni Sosok yang Diterima Semua Kalangan

Antara    •    Rabu, 21 Sep 2016 15:18 WIB
obituari
Maftuh Basyuni Sosok yang Diterima Semua Kalangan
Maftuh Basyuni (Kanan) bersama Hatta Rajasa sedang mendengarkan imbauan Wakil Presiden Jusuf Kalla/FOTO ANTARA/Ali Anwar/Koz/hp/07.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Hatta Rajasa menilai Maftuh Basyuni sebagai sosok yang mampu berdiri di atas semua golongan masyarakat. Semasa hidup, Maftuh mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dengan mengedepankan kemaslahatan bangsa. 

"Dia adalah tokoh yang diterima banyak kalangan meski berlatar belakang dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU)," kata Hatta di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Maftuh tidak tercatat sebagai kader di salah satu partai politik. Akan tetapi, kata Hatta, semua kalangan mengenal dan menerima almarhum dengan baik.

Hatta mengenang kala dirinya tergabung dengan Maftuh Basyuni dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB). Saat itu, Maftuh ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Agama.

Terkait pengabdiannya kepada negara, Maftuh termasuk pribadi yang terus bertahan di pemerintahan sejak era Presiden Soeharto hingga masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Dia pernah menjadi Kepala Rumah Tangga Kepresidenan era Soeharto. Kemudian Sekretaris Negara pada pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Serta pada 2002, Maftuh menjadi Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi. 

Menjelang tutup usia, sosok kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 4 November 1939 ini juga masih tercatat sebagai Ketua Masjid At Tin dan Ketua Badan Wakaf Indonesia. Maftuh Basyuni meninggal pada pukul 18.30 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Selasa 20 September, kemarin.



(SBH)

Ahok tak Ambil Pusing soal Pergantian Nusron di Tim Pemenangan
Pilkada Serentak 2017

Ahok tak Ambil Pusing soal Pergantian Nusron di Tim Pemenangan

2 hours Ago

Rencananya koalisi empat partai pengusungan Ahok akan rapat pergantian pemimpin tim pemenangan …

BERITA LAINNYA
Video /