4 dari 100 Warga Boven Digoel Positif HIV/AIDS

Ilham wibowo    •    Kamis, 14 Sep 2017 08:21 WIB
ekspedisi nkri
4 dari 100 Warga Boven Digoel Positif HIV/AIDS
Penggunaan narkotika menjadi salah satu penyebab seseorang terjangkit HIV/AIDS/MTVN?Syahmaidar

Metrotvnews.com, Papua: Penyebaran penderita human immunodeficiency virus infection and acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS) di Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua masih tinggi. Pendidikan kesehatan di wilayah tersebut dinilai perlu ditingkatkan.

"Jika dilihat perbandingan, terjangkitnya HIV dan AIDS di Kabupaten Boven Digoel dinilai tinggi. Dari 100 orang, 4 diantaranya positif HIV AIDS," kata Pewira Penerangan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan 2017, Lettu Inf Siswari melalui pesan elektronik yang diterima Metrotvnews.com, Kamis 12 September 2017.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-4/Mindiptana kemudian melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi. Selain itu, pendidikan gizi pada masa pertumbuhan serta pengenalan bahaya narkotika juga diberikan terhadap remaja di Kampung Oso Distrik Mindiptana.

"Kegiatan diikuti 50 peserta, terdiri dari staff pengajar dan siswa-siswi SMKN 1 Mindiptana Kabupaten Boven Digoel. Kegiatan itu merupakan gabungan dari program otonomi khusus dan BKKBN dengan tujuan meningkatkan kesadaran kepada diri remaja untuk menjauhi narkoba," kata Siswari.

Komandan Subkorwil-4/Mindiptana Mayor Inf Agung Wahyu Perkasa menyampaikan, pergaulan remaja rentan terjerumus pada pergaulan bebas. Beberapa yang belum mengetahui bahaya narkoba kemudian nekat mencoba-coba dan melakukan hubungan seksual diluar nikah. Akibatnya resiko tertular penyakit menular seksual HIV/AIDS menjadi tinggi.

"Penyuluhan ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mendukung keberhasilan pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan sekaligus kemakmuran rakyat," ujar Agung.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia. Ekspedisi NKRI  bertujuan mendata dan meneliti segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan cinta tanah air, membangkitkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, memberikan teladan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.
 
Ekspedisi 2017 dilaksanakan di dua Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di Kabupaten Asmat, Subkorwil-2/Mappi di Kabupaten Mappi, subkorwil-3/Merauke di Kabupaten Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah subkorwil-4/Mindiptana di Kabupaten Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di Kabupaten Boven Digoel. Materi yang dilaksanakan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 adalah serbuan teritorial atau pengabdian masyarakat, penelitian, dan penjelajahan.


(OJE)

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

10 minutes Ago

KPK menegaskan sudah bertindak sesuai prosedur terhadap Setya Novanto. 

BERITA LAINNYA