Santri Fondasi Keutuhan Bangsa

   •    Jumat, 11 Aug 2017 06:40 WIB
nkri
Santri Fondasi Keutuhan Bangsa
Ketum PBNU Said Aqil Siroj/MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menyebut pesantren berhasil membangun karakter bangsa. Menjaga persatuan telah ditanamkan pada semua santri.

"Santri fondasi bagi keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia," ucap Said seperti dilansir Media Indonesia, Jumat 11 Agustus 2017.

Said menyampaikan, pesantren mampu menghasilkan santri-santri berjiwa mulia, juga mempunyai jati diri dan kepribadian yang baik. Pasalnya, ada hal-hal yang hanya bisa didapat melalui pesantren, yakni disiplin akhlak dan spiritual.

Dalam peringatan Hari Santri tahun ini akan digelar sejumlah kegiatan di berbagai daerah. Kegiatan yang digelar kali ini tidak lagi hanya bersifat simbolis, tetapi juga lebih substantif.

Kegiatan tersebut antara lain creative idea competition di Bandung, roadshow workshop kewirausahaan santri di beberapa pondok pesantren tiap kabupaten dan kota se-Indonesia, lomba esai, lomba video, dan workshop cerdas literasi.

Pemerintah telah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional melalui Keputusan Presiden Joko Widodo Nomor 22 Tahun 2015.

Sebagai pelaksana kegiatan peringatan HSN 2017, Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU mengadakan grand launching sekaligus pengumuman logo baru HSN 2017.

Grand launching Hari Santri Nasional 2017 kali ini mengambil tema Santri mandiri, NKRI hebat.

Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin mengatakan mandiri merupakan identitas asli santri. Karena itu, kata dia, tema yang diangkat tersebut bukanlah hal yang baru.

Tantangan santri yang dihadapi saat ini, kata Ma'ruf, ialah bagaimana menjaga negara ini agar tidak dirusak kelompok-kelompok yang ingin merusak ataupun mengubah tatanan bangsa yang sudah ada saat ini.

Tantangan kedua, bagaimana menjadikan pesantren sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat.

"Pesantren tidak hanya menyiapkan orang yang paham agama, tapi juga menyiapkan orang-orang sebagai pengawal bangsa dan negara, dan menyediakan tenaga untuk pemberdayaan ekonomi umat supaya kesenjangan yang ada di negara kita sedikit-sedikit dapat terkikis dan kecemburuan sosial bisa dikurangi," ucap dia.


(OJE)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA