Menhub Ajak Faisal Basri Tingkatkan Produktivitas Warga Indonesia Timur

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 11 Oct 2017 06:27 WIB
menhub
Menhub Ajak Faisal Basri Tingkatkan Produktivitas Warga Indonesia Timur
Menhub Budi Karya Sumadi -- Foto: Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertekad meningkatkan produktivitas warga di wilayah Indonesia Timur. Budi memohon dukungan dari semua pihak termasuk ekonom Faisal Basri.

"Saya katakan mengapa produktivitas saudara kita di Indonesia Timur belum naik, saya pikir butuh satu kajian khusus," kata Budi dalam diskusi kerjasama Ngobrol @tempo dan Forum Perhubungan terkait Efektivitas Program Jembatan Udara dalam Mengurangi Disparitas Harga di Wilayah Indonesia Timur, Red Top Hotel, Pacenongan, Jakarta Pusat, Selasa 10 Oktober 2017.

Menurut Budi, program pemberdayaan atau peningkatan produktivitas masyarakat tak akan berhasil bila dilakukan pemerintah saja. Maka dari itu butuh campur tangan para ahli agar program itu bisa berhasil.

"Untuk itu saya mengajak pak Faisal suatu waktu, meneliti suatu tempat bagaimana mengkreasi suatu daerah atau membuat kebangkitan produksi dari sana apakah itu ikan, tepung dan sebagainya, supaya ini bisa jadi suatu kekuatan tersendiri," beber dia.

Bagi Budi, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu mencari terobosan yang tepat untuk kemajuan wilayah Indonesia Timur. Budi tak ingin wilayah Indonesia Timur terus menjadi tertinggal.

"Kita harus fokus (memikirkan) Indonesia Timur. Harus kita bangun dan beri kesempatan untuk maju," ucap dia.

Faisal Basri hadir dalam diskusi ini sebagai pembicara. Faisal dalam awal paparannya menekankan pembangunan SDM di wilayah Indonesia Timur yang perlu dilakukan secara holistik. Ia juga menyoroti terobosan pemerintah, namun caranya dinilai keliru.



(SCI)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA