Macet Mudik 2017 Ditarget Turun Jadi 2 Jam

Tri Kurniawan    •    Kamis, 12 Jan 2017 13:20 WIB
mudik lebaran
Macet Mudik 2017 Ditarget Turun Jadi 2 Jam
Brigjen Pol Royke Lumowa. Antara Foto/M. Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Mudik Lebaran 2017 masih sekitar lima bulan. Tetapi, Koordinator Lalu Lintas Polri sudah memikirkan strategi pengaturan lalu lintas saat mudik sejak hari ini.

Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah jatuh pada Minggu 25 Juni. Kepala Korlantas Polri Brigjen Pol Royke Lumowa memperkirakan puncak masyarakat pulang kampung Jumat 23 Juni.

Tantangan bagi polisi adalah bagaimana arus mudik tahun ini tidak seperti 2016. Ketika itu, mayoritas kendaraan mudik melewati Jalan Tol Pejagan-Pemalang.

Yang terjadi, macet hingga 16-an jam. Semakin tragis karena kemacetan parah itu memakan korban jiwa.

Royke yang baru menjabat Kepala Korlantas Polri Desember 2016 itu tak mau kemacetan parah saat mudik tahun lalu terulang. "Mudik jadi prioritas saya," kata Royke saat berkunjung ke redaksi Metro TV, Komplek Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis (12/1/2017).

"Bagaimana mudik Lebaran 2017 aman dan nyaman. Aman berarti tidak terjadi sesuatu di jalan. Nyaman tidak terjadi macet terlalu lama."

Untuk mewujudkan itu, menurut Royke, polisi harus kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat. Informasi soal kondisi di setiap titik jalur mudik harus sampai ke masyarakat.

Polisi dan pemangku kepentingan sedang mengkaji sistem yang cocok untuk mengendalikan volume kendaraan. Sehingga ada keseimbangan antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan.

"Buka tutup di mana, kapan kita bergantian bergerak menuju jalur mudik. Itu akan kami atur bersama," ujar dia.

Korlantas juga mempertimbangan membuat aplikasi sistem informasi yang bisa menjelaskan kondisi arus lalu lintas saat mudik nanti. Pilihan lain, memanfaatkan aplikasi yang sudah ada.

Ini penting agar sebelum masyarakat keluar rumah sudah mengetahui kondisi lalu lintas, sehingga tidak terjebak macet atau salah mengambil jalur alternatif.

Royke mengatakan, wacana pembatasan kendaraan pribadi saat mudik 2017 sudah ada, tetapi ia tidak mau membeberkan karena masih dalam kajian. Polisi juga akan mempertimbangkan suara masyarakat.

"Kami menargetkan kemacetan saat mudik turun menjadi rata-rata dua jam," katanya.


(TRK)

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

2 days Ago

Nurhayati yang saat itu masih duduk di Komisi II DPR bahkan mengetahui poin-poin pembahasan meg…

BERITA LAINNYA