Temui JK, Adhyaksa Laporkan 4 Fokus Gerakan Pramuka

Fauzan Hilal    •    Jumat, 11 Nov 2016 15:12 WIB
pramuka
Temui JK, Adhyaksa Laporkan 4 Fokus Gerakan Pramuka
Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault dan pimpinan Kwarnas

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. Adhyaksa melaporkan empat fokus Gerakan Pramuka selama tiga tahun terakhir serta persiapan Raimuna Nasional yang bakal digelar Agustus 2017.
 
Adhyaksa mengatakan, empat fokus yang dilaporkan adalah rebranding, penataan organisasi, Pramuka untuk perubahan dan jaringan kerja, serta kesuksesan Jambore Nasional yang dihadiri 25 ribu Pramuka dari seluruh Indonesia pada 14 sampai 21 Agustus lalu.
 
“Pada Agustus 2017 nanti, kami akan mengadakan Raimuna Nasional yang diikuti 15 ribu anggota Pramuka usia 16-25 tahun. Walau masih jauh, kita harus persiapkan dengan serius," kata Adhyaksa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/11/2016).
 
Bulan ini, Kwarnas Pramuka mengadakan lomba foto #GurukuPahlawanku dan lomba video #PahlawanMenurutSaya. Tujuannya, setiap anggota Pramuka aktif membuat konten positif agar internet semakin sehat.
 
Menyambut Hari Pahlawan, Kwarnas membuat 23 poster kutipan Pahlawan Nasional dari berbagai daerah, membuat infografis dengan tema pahlawan lewat akun-akun medsos Kwarnas Gerakan Pramuka.
 
Sementara di pertemuan Pramuka Asia Pasific di Bangkok pada Oktober lalu, pengelolaan web dan media sosial Kwarnas dinilai terbaik di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia.
 
"Fokus kita sekarang bagaimana anggota Pramuka terlibat aktif membuat konten positif di internet. Itulah sebabnya kita banyak sekali mengadakan lomba-lomba foto, video, tulisan berbasis media sosial,” ujar Adhyaksa.
 
Mantan Menpora ini berharap Pemerintah menambah anggaran Kwarnas Gerakan Pramuka. Namun Adhyaksa menyadari situasi perekonomian sedang sulit hingga dibutuhkan penghematan.
 
“Saya senang, Kwarnas Gerakan Pramuka banyak melakukan kegiatan positif yang memberikan kegembiraan kepada anak-anak kita,” kata Kalla.
 
Ia mengakui pemerintah tengah melakukan penghematan dengan memangkas anggaran di semua kementerian. “Kwarnas Gerakan Pramuka bisa mencari sponsor dari swasta. Caranya melibatkan anak-anak muda, biasanya mereka gesit dan lincah mencari sponsor agar kegiatannya sukses,” ujar Kalla.
 
Pertemuan tersebut juga dihadiri pimpinan Kwarnas Rafli Effendi, Susi Yuliati, Fahmi Assegaf, Kodrat Pramudho, Abdul Shobur, dan Andalan Nasional Kwarnas Sukro Muhab, Indo Royano, Hariqo Wibawa Satria, Arie Rukmantara serta Ketua DKN, Yudha Adhyaksa.
 
 
 


(FZN)