Palestina Merdeka di Kanvas Pelukis Indonesia

Fauzan Hilal    •    Selasa, 29 Nov 2016 12:01 WIB
palestina merdeka
Palestina Merdeka di Kanvas Pelukis Indonesia
Ketua Adara Relief International Nurjanah Hulwani

Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan pelukis berkumpul di Pasar Seni Ancol akhir pekan lalu. Mereka berjihad dan seolah menjadi saksi kemerdekaan Palestina melalui goresan tinta di atas kanvas. Seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Pasar Seni Ancol itu menyatukan asa, kemerdekaan Palestina.
 
Lomba lukis yang digelar Adara Relief International (Adara) ini, dalam rangka menyambut International Day of Solidarity with the Palestinian People atau Hari Solidaritas Internasional bersama rakyat Palestina. “Di Indonesia, dikenal dengan Palestine Solidarity Day (PSD), yang jatuh pada Selasa, 29 November," kata Ketua Adara Nurjanah Hulwani, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/11/2016).
 
Nurjanah mengatakan, lomba lukis yang dihadiri 20 pelukis ini berlangsung dalam suasana akrab dan persaudaraan. Adara menghadirkan dua juri, yaitu dosen Institut Kesenian Jakarta, Aru dan Aji.
 
“Ini adalah bentuk ungkapan cinta, waktu yang panjang dalam proses melukisnya, seolah menandakan perlunya napas panjang dalam membantu kemerdekaan Palestina,” ujar Nurjanah.
 
Salah seorang seniman lukis yang mengikuti lomba ini sempat berkaca-kaca, di acara puncak lomba lukis dalam menyambut PSD 2016 ini. Dia terharu dapat berbuat untuk Palestina, walaupun baru sebatas melukis. “Perasaan haru para seniman lukis ini adalah bentuk ungkapan cinta,” imbuh Nurjanah.
 
Juara pertama diberikan kepada Deni Bojong dengan mengambil tema Hiduplah dengan Merdeka, Palestina. Kemudian, juara kedua disematkan kepada Nasimin dengan tema, Do'a Untuk Bangsa dan Agamaku. Terakhir, juara ketiga, dinobatkan kepada Nazili yang mengambil tema Kemerdekaan Yang Terbelenggu.
 
Adara sebagai lembaga sosial yang peduli pada anak dan perempuan Palestina bertekad terus menjalin silaturahmi dengan semua yang terlibat dalam acara Hari Internasional bersama rakyat Palestina ini.
 
“Selain pesan tentang kemanusiaan Palestina, Adara berharap semakin banyak lagi dari bangsa Indonesia yang terus memberikan dukungan do’a dan donasi terbaiknya untuk bangsa Palestina,” ujarnya.
 
Adara Relief International adalah lembaga sosial yang seluruh pengurusnya perempuan. Fokus kegiatannya, berupaya membela perempuan dan anak-anak miskin, khususnya bangsa Palestina.
 



(FZN)