'Rentetan Gelar tak Lagi Laku untuk Mencari Jodoh'

M Rodhi Aulia, Raiza Andini    •    Senin, 17 Jul 2017 14:23 WIB
jusuf kalla
'Rentetan Gelar tak Lagi Laku untuk Mencari Jodoh'
Wapres Jusuf Kalla menghadiri pembukaan Munas IV ABPPTSI di Bali, Senin 17 Juli 2017/Raiza Andini

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan gelar akademik saat ini bukan yang terpenting. Sederet gelar bahkan tak menjamin kepastian mendapat jodoh.

"Sekarang orang punya lima gelar. Berarti lima ijazahnya. Dr, Drs, Ir, MM, MSc. Mustinya dia kalau melamar pasti laku, zaman dulu. Sekarang tidak lagi," kata Kalla dalam sambutannya di pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) di Bali, Senin 17 Juli 2017.

Kalla menerangkan, orang tua gadis-gadis  saat ini lebih banyak menanyakan pekerjaan calon menantu. Kondisi itu terjadi seiring perkembangan zaman.

"Itu lah perubahan yang terjadi," tegas dia.

Kalla menyebut, 'rumus' di zaman '60-'70 an sudah tak laku di masa kini. Sarjana yang membanggakan almamater dan ijazah tak lagi bisa memuluskan niatan meminang seseorang.


Wapres JK di Bali/MTVN/Raiza Andini

Kalla membicarakan itu sebagai pembuka menerangkan perguruan tinggi harus benar-benar menghasilkan lulusan berkualitas. Perguruan tinggi sama sekali tak boleh mengabaikan kualitas pendidikan, karena mereka yang mudah diterima kerja hanya yang memiliki kemampuan.

Kalla menjelaskan bagaimana Jepang dan Korea yang selalu dicontohkan sebagai negara yang tak memiliki banyak sumber daya alam (SDA). Dua negara itu justru lebih maju dari negara yang kaya SDA.

"Karena dia punya SDM yang hebat. SDM selalu dibekali dengan pendidikan yang baik. Itu lah peranan saudara yang terjun di dunia pendidikan," ucap dia.


(OJE)

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

17 minutes Ago

KPK menyatakan telah mengantongi bukti baru dari tersangka kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto.

BERITA LAINNYA