KTP-el Rusak Bisa Diganti di Dinas Dukcapil

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 13 Sep 2017 21:57 WIB
e-ktp
KTP-el Rusak Bisa Diganti di Dinas Dukcapil
Petugas memperlihatkan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jember, Jawa Timur. (Foto: Antara/Seno).

Meteotvnews.com, Jakarta: Kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang rusak belakangan banyak ditemui. Masyarakat tak perlu khawatir, sebab bisa diganti di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). 

"Bila ada KTP-el rusak silakan masyarakat bawa KTP-el yang rusak tersebut untuk minta ganti di Dinas Dukcapil. Saat ini blangko tersedia cukup karena lelang sudah berjalan," kata Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh melalui pesan singkat Rabu 13 September 2017.

(Baca juga: Ada 4 Juta Data KTP-el tak Bisa Dicetak)

Ada 7, 4 juta blangko hasil tender April 2017 yang siap pakai. Sementara saat ini Kemendagri sudah mulai proses lelang untuk kebutuhan blangko lagi. Namun demikian, dari 175 juta KTP-el yang sudah dicetak, memang ada saja yang rusak.

Salah satu penyebabnya adalah kesalahan petugas saat mencetak. Ada suhu printer yang harus diperhatikan ketika melakukan proses itu. 

"Pencetakan KTP el yang disyaratkan dengan suhu printer antara 160-170. Dapat dilihat di layar printer. Jika suhu printer kurang dari yang disyaratkan mengakibatkan laminating pada kartu akan cepat mengelupas. Jika suhu printer lebih dari yang disyaratkan dapat mengakibatkan kartu KTP-el akan melengkung," jelas Zudan.

(Baca juga: Mendagri Targetkan Penerbitan KTP-el Selesai Tahun Ini)

Seperti diketahui, belum lama ini keluhan tentang rapuhnya kondisi KTP-el mencuat. Kartu 'nyawa' penduduk itu diketahui gampang rusak. Salah satu yang disoroti adalah terkelupasnya cetakan data pada nama penduduk dan keterangan penting lainnya.




(HUS)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

1 hour Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA