Penjelasan Kementerian Kominfo soal Banyak Akun Satu Identitas

   •    Kamis, 14 Sep 2017 16:57 WIB
teknologi
Penjelasan Kementerian Kominfo soal Banyak Akun Satu Identitas
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa waktu lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewacanakan setiap orang boleh memiliki lebih dari satu akun di media sosial asalkan satu identitas. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan akun untuk menyebarkan konten negatif seperti ujaran kebencian atau hoaks.

Namun Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Izza membantah hal tersebut. Menurut Dia, tidak ada aturan yang akan dibuat berdasarkan wacana semacam itu.

"Yang ingin kita tegaskan ketika seseorang membuat akun di media sosial perlu dipastikan adalah keaslian identitas. Identitas yang jelas di media sosial itu penting," ungkap Noor, dalam Metro Siang, Kamis 14 September 2017.

Memang, kata Noor, ada wacana bahwa boleh memiliki banyak akun asalkan satu identitas. Namun, maksud dari wacana tersebut adalah pemerintah ingin mendorong adanya identitas asli secara elektronik.

Identitas elektronik ini kemudian akan ditampung dalam lembaga yang disebut lembaga mediasi. Di lembaga ini identitas fisik asli akan disimpan, bukan disebarkan secara bebas di media sosial. Sebab media sosial mampu menjangkau hingga ke dunia internasional sementara Kita harus tetap menjaga privasi.

"Makanya salah satu wacananya adalah mengedepankan identitas elektronik. Misalnya memiliki KTP-el atau sebagainya maka link identitasnya ada di lembaga mediasi. Kalau dalam UU ITE kita sebut certification authority atau penyelenggara sertifikat elektronik," katanya.

Dia menambahkan, pada 2016 Kementerian Kominfo memang mendorong agar masyarakat memiliki identitas elektronik. Memang terkesan masih terlalu dini. Namun diharapkan ke depan, masyarakat atau orang per orang bisa memiliki  identitas elektronik untuk berbagai keperluan.




(MEL)

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

42 minutes Ago

Partai Golkar tengah diterjang badai saat Ketua Umum Setya Novanto ditahan karena tersandung ka…

BERITA LAINNYA