Merundung Penyandang Disabilitas Ciri Seseorang Kehilangan Daya Empati

   •    Senin, 17 Jul 2017 17:02 WIB
penyandang disabilitasbullying
Merundung Penyandang Disabilitas Ciri Seseorang Kehilangan Daya Empati
Ilustrasi. (Metrotvnews.com/ Mohammad Rizal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aksi bullying atau perundungan yang menimpa seorang mahasiswa berkebutuhan khusus yang viral di media sosial menimbulkan keprihatinan berbagai pihak.

Psikolog Ratih Ibrahim menyebut aksi merundung penyandang disabilitas merupakan perilaku jahat dan tak dibenarkan.

"Saya menilai bahwa masyarakat kita kehilangan dayanya untuk berempati. Kalau kita punya daya empati kita tidak akan melakukan hal yang tidak ingin kita alami," ujarnya, dalam Newsline, Senin 17 Juli 2017.

Ratih mengatakan aksi merundung terjadi ketika seseorang tidak bisa menghargai orang lain sebagai pribadi yang membutuhkan penghargaan yang sama. Dalam arti, menolak mereka yang berbeda.

Baca juga: Doyan Membully Mengindikasikan Gangguan Psikis

Hal ini diperkuat dengan kecenderungan masyarakat yang seakan terusik oleh sesuatu yang jelas berbeda, yang tampak dan dapat dirasakan oleh pancaindra.

"Padahal kalau saya tanya ada enggak orang yang sama? Tidak ada. Semua orang berbeda. Ini berati pola edukasi kita baik di rumah maupun di masyarakat termasuk di sekolah perlu lebih terbuka bahwa semua orang berbeda itu unik dan memang Tuhan membuatnya begitu," kata Ratih.

Menurut Ratih, menghargai perbedaan adalah menghargai ciptaan Tuhan. Orang tua yang siap dan menerima bahwa mereka memiliki anak yang berbeda sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat sebagai sama-sama makhluk ciptaan Tuhan.

"Ketika bicara anak yang berkebutuhan khusus, ada yang memang kurang tapi ada aspek yang sangat menonjol disitu. Perbedaan ini terutama kaitannya dengan kecerdasan yang berbeda, yang baru, yang kitanya saja tidak mengerti yang kemudian kita tolak," katanya.




(MEL)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

1 hour Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA