Menkominfo Ditunjuk sebagai Dewan Penasihat Digital ASEAN

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 29 Jan 2018 08:25 WIB
aseanekonomi digital
Menkominfo Ditunjuk sebagai Dewan Penasihat Digital ASEAN
Menteri Kominfo Rudiantara. Foto: Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bersama menkominfo Vietnam, Singapura dan Thailand ditunjuk sebagai Dewan Penasihat Digital ASEAN di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Kota Davos-Klosters, Swiss. Pertemuan nyang berlangsung dari 23-26 Januari 2018 itu bertemakan “Creating a Shared Future in Fractured World”. 

Tidak kurang dari 3.000 peserta dari sektor pemerintahan dan swasta hadir mewakili lebih dari 100 negara. Ini pertama kalinya pertemuan forum ekonomi dunia bertemakan ekonomi digital. 

Delegasi dari negara-negara ASEAN meluncurkan inisiatif "Digital ASEAN". Mereka ingin membangun ekonomi digital dengan mengadopsi pendekatan regional dalam membangun kawasan digital ASEAN yang terintegrasi. 

“Kali ini di Davos meluncurkan yang namanya "Digital ASEAN Initiatives". Karena Indonesia dipandang sebagai yang terbesar dan leader di ASEAN, jadi WEF meminta Indonesia lead Digital ASEAN Initiatives,” kata Menteri Kominfo Rudiantara disela forum internasional hari ke-2 pada, Rabu, 24 Januari 2018. 

Baca: Duterte Imbau ASEAN Minta Bantuan Tiongkok Amankan Laut Sulu

Menkominfo juga diminta menjadi anggota dalam kelompok pembina (Stewardship Board) untuk sesi “System Initiative on Shaping the Future of Digital Economy and Society”. Tugas ini memiliki peran memberikan arah penatagunaan bagaimana kolaborasi public-private dapat mewujudkan potensi teknologi digital untuk kemanfaatan umat manusia. 

“Melalui dialog bersama yang menetapkan prioritas dan menyelaraskan dengan inisiatif-inisiatif  dan berbagai institusi yang relevan," ucap Rudiantara.

Forum ini pun dijadikan momentum yang tepat bagi Indonesia untuk menyosialisasikan dan mempromosikan strategi digital nasional. Strategi ini diharapkan menciptakan prioritas digital di masa depan yang berkelanjutan melalui pendekatan langkah yang kolaboratif.




(OGI)