Negara Tak Punya Tanggung Jawab Soal Deportasi Ustaz Somad

Haifa Salsabila    •    Kamis, 28 Dec 2017 02:08 WIB
deportasi
Negara Tak Punya Tanggung Jawab Soal Deportasi Ustaz Somad
Anggota Komisi VIII DPR Budiman Sudjatmiko - Medcom.id/Haifa Salsabila

Jakarta: Anggota Komisi VIII DPR Budiman Sudjatmiko menilai, negara tidak punya tanggung jawab terkait pemulangan sepihak Ustaz Abdul Somad oleh pihak otoritas Hong Kong. Apa lagi, Ustaz Abdul Somad bukan seorang pejabat negara. 

"Itu bukan kewajiban negara, kecuali pejabat negara ya. Seperti Panglima TNI waktu itu ditolak Amerika Serikat. Itu Negara wajib meminta penjelasan," ujar Budiman disela-sela diskusi Reforma Agraria di Bawah Bayangan Investasi di Tjikini Lima, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu 27 Desember 2017. 

Politikus PDIP itu menjelaskan, jika Hong Kong yang menolak memberikan visa tak memiliki kewajiban untuk menjelaskan alasan penolakan tersebut kepada pemerintah Indonesia. Budiman menduga, Ustaz Abdul Somad kemungkinan dipulangkan oleh Hong Kong karena tak memiliki visa kunjungan bisnis atau kerja. 

"Kita cek visa kunjungannya apa. Kalau visanya visa turis, tapi digunakan untuk ceramah tidak bisa. Untuk berceramah kemudian mendapatkan penghasilan dari kegiatan ceramah itu. Kita cek lagi," ujarnya. 

Budiman kembali menegaskan jika negara tidak perlu bertanggung jawab atas insiden penolakan visa yang dialami oleh warga negaranya. Menurut dia, negara wajib memberikan perlindungan kepada WNI di luar negeri ketika WNI tersebut menjadi korban kejahatan atau hilang di luar negeri.

"Maka kalau itu Negara wajib, kalau penolakan visa tidak pernah Negara bertanggung jawab," pungkas dia.



(JMS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA