Hadi Tjahjanto Diminta Siapkan Diri untuk Uji Kelayakan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 05 Dec 2017 07:52 WIB
panglima tni gatot nurmantyo
Hadi Tjahjanto Diminta Siapkan Diri untuk Uji Kelayakan
Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin. ANT/Wahyu Putro.

Jakarta: Wakil Ketua Komisi I DPR RI TB Hasanuddin meminta calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyiapkan diri untuk uji kelayakan dan kepatutan.  Dalam waktu dekat Komisi I segera melakukan uji itu. 

"Berdasarkan prosedur yang berlaku Komisi I akan segera melaksanakan uji kelayakan terhadap panglima baru yang menurut surat tersebut ditunjuk Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa, 5 Desember 2017.

Politikus PDI Perjuangan itu meminta Hadi menyiapkan diri untuk mengikuti uji kelayakan. Apalagi sejumlah hal bakal dicecar pada Hadi. 

Terkait pergantian itu, Hasanuddin meminta Jenderal TNI Gatot Nurmatyo yang bakal diberhentikan dengan hormat mulai menyiapkan memo serah terima jabatan. Dia juga meminta Gatot tak mengambil keputusan strategis di waktu-waktu terakhir. 

"Dan tidak membuat keputusan-keputusan strategis di akhir masa jabatannya termasuk melakukan mutasi para perwira tingginya. Mutasi para perwira tinggi sebaiknya dilakukan oleh panglima baru agar suasana kondusif akan lebih tercipta," jelas dia.

Hadi merupakan Kepala Staf Angkatan Udara yang terpilih menggantikan Marsekal Agus Supriatna. Pada November 2016, Hadi dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan (2016-2017).

Sebelumnya Hadi juga sempat ditugasi menjadi Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia Presiden Joko Widodo dan pangkatnya naik menjadi Marsekal Muda.
 


(REN)