Senggolan Pesawat Disebut Insiden Serius

Cahya Mulyana    •    Jumat, 04 Aug 2017 14:26 WIB
kecelakaan pesawat
Senggolan Pesawat Disebut Insiden Serius
Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Foto: Antara/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Jakarta: Senggolan pesawat Lion Air dan Wings Air di apron Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, kemarin, disebut sebagai insiden serius. Kementerian Perhubungan berjanji akan mengusut tuntas kasus ini.

"Kami akan mengusut tuntas kejadian ini. Agar tak terjadi lagi persoalan serupa di kemudian hari," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, di Jakarta, Jumat 4 Agustus 2017.

Walaupun insiden ini tak menimbulkan korban, agus meminta kedua maskapai tetap mengutamakan kepentingan penumpang. "Maskapai wajib memenuhi hak-hak penumpang sesuai aturan yang berlaku," kata dia.

Agus mengatakan Kemenhub akan memberhentikan sejumlah personel yang bekerja di bagian preventive grounded untuk pilot pesawat dan preventive personel ATC, yakni controller, asisten controller, dan supervisor dari Airnav Indonesia sebagai operator yang mengatur pergerakan pesawat.

"Kejadian seperti ini harusnya bisa dihindari jika standar dan prosedur operasi pergerakan pesawat di apron dan taxi way dijalankan dengan baik. Apalagi Bandara Kualanamu termasuk bandara besar yang mempunyai apron luas," kata dia.

Pesawat Lion Air JT197 rute Aceh-Medan bersenggolan dengan pesawat Wings Air IW1252 rute Medan-Melabo, Kamis 3 Agustus 2017. Meski terjadi kerusakan di bagian sayap, seluruh penumpang dipastikan selamat.

"Seluruh penumpang tak ada yang mengalami cedera," ujar Public Relations Manager Lion Air Group, Andy M. Saladin.

Andy mengatakan penumpang Wings Air IW 1252 yang berjumlah 66 penumpang akan diberi full refund di tempat ataupun reschedule. Sementara itu, penumpang Lion Air JT 197 yang memiliki penerbangan lanjutan menuju kota lain akan diterbangkan dengan menggunakan maskapai Lion Air Group.

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI/Air Nav Indonesia) menyebutkan kondisi landasan pacu di Bandara Internasional Kualanamu, Medan, sudah kembali normal setelah terjadinya senggolan itu.

"Setelah senggolan, tower segera meminta Angkasa Pura II untuk melakukan pemeriksaan landasan pacu dan pembersihan," ujar Sekretaris Perusahaan Air Nav Indonesia, Didiet Radityo.


(UWA)