187 Penumpang Kapal Terbakar Sudah Dievakuasi

   •    Sabtu, 20 May 2017 11:32 WIB
kapal terbakar
187 Penumpang Kapal Terbakar Sudah Dievakuasi
Ilustrasi. Foto: Antara/Didik Suhartono

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 187 penumpang KM Mutiara Sentosa 1 dengan rute pelayaran Surabaya-Balikpapan yang terbakar kemarin sore, di perairan Masalembu, Jawa Timur, sudah dievakuasi. Mereka dalam keadaan selamat.

"Sebanyak 187 penumpang termasuk anak buah kapal (ABK) telah dievakuasi. Tak ada korban jiwa yang dilaporkan. Penumpang yang terluka juga telah dirujuk ke Puskesmas Masalembu," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono, Sabtu 20 Mei 2017, seperti dalam keterangan tertulis.

Proses evakuasi mengerahkan Kapal Patroli PLP, UPP Masalembo, kapal Basarnas dari Surabaya, dan Lantamal V. Selain itu, MV Meratus Makassar yang berada sekitar 8 mil dari lokasi kejadian juga membantu mengevakuasi penumpang. Evakuasi juga dibantu kapal KMP Dharma Kartika 9, kapal Tug Boat Asmarina 9, dan kapal Tongkang Asmarina 12. Termasuk 8 kapal nelayan.

"Saat itu tinggi gelombang sekitar 1 hingga 1,5 meter, sehingga memerlukan waktu lebih untuk mengevakuasi para penumpang," kata Tonny.

Tonny mengatakan proses evakuasi penumpang hanya dapat dilakukan melalui bagian belakang kapal. Ini karena bagian depan kapal sudah hangus terbakar.

Dikandaskan

Sejumlah penumpang kapal menuturkan kebakaran terjadi di car deck. Sprinkler air berfungsi baik, namun tak mampu memadamkan api. Api semakin membesar dan nakhoda langsung meminta para penumpang meninggalkan kapal.

Saat ini, kata Tonny, KM Mutiara Sentosa 1 telah dikandaskan di lokasi dangkal. Pengandasan kapal dilakukan sekitar pukul 23.00 WIB semalam.

Untuk menghindari peristiwa serupa, Tonny menyatakan pemerintah akan memperketat dan mengevaluasi aturan-aturan keselamatan pelayaran. Ia menginstruksikan jajarannya agar menindak pelanggaran atas kelalaian terhadap keselamatan pelayaran.

KM Mutiara Sentosa 1 merupakan kapal penumpang berbendera Indonesia dengan IMO number 8718471. Kapal berbobot 12.365 gros ton dan panjang 134 meter dengan lebar 21 meter ini dinakhodai Eddy Sarwoto.
Kapal berangkat dari Surabaya Kamis 18 Mei pukul 23.41 WIB dengan tujuan Balikpapan. Kapal ditumpangi 187 penumpang, termasuk 37 ABK. Terdapat 80 unit kendaraan yang terdiri dari sepeda motor (2 unit), mobil kecil (21), truk sedang (10), dan truk besar (47).

Pada Jumat sore 19 Mei, kapal mengalami kebakaran di sekitar pulau Masalembu, Sumenep, Jawa Timur. Saat ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah berangkat menuju lokasi kejadian untuk melakukan investigasi awal penyebab terbakarnya kapal.




(UWA)