Warga Berhamburan Keluar Rumah saat Gempa Guncang Boalemo

Intan fauzi    •    Sabtu, 15 Jul 2017 21:59 WIB
gempa bumi
Warga Berhamburan Keluar Rumah saat Gempa Guncang Boalemo
Ilustrasi gempa bumi, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Gempa berkekuatan 6 SR yang mengguncang Boalemo, Gorontalo Sabtu 15 Juli 2017 membikin panik. Warga berhamburan keluar rumah.

"Gempa terasa kuat di Kabupaten Boalemo, selama 3-5 detik. Warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisanya, Sabtu 15 Juli 2017.

Gempa kata Sutopo, juga sempat terasa kuat di Kabupaten Gorontalo Utara. Guncangan sempat dirasakan selama 7 detik. Akibatnya, warga panik dan berhamburan keluar rumah.

"Gempa terasa kuat di Kabupaten Pohuwato selama 3-5 detik. Dan gempa terasa cukup kuat di Kota Gorontalo selama 3 detik, warga sempat panik," ungkap Sutopo.

Meski demikian kata Sutopo belum ada laporan terkait dampak gempa. Berdasarkan analisis, peta gempa dirasakan memiliki intensitas II SIG BMKG (IV MMI) di Bone Bolango, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Gorontalo; II SIG BMKG (III-IV MMI) di Manado dan Tondano. Artinya, kata Sutopo, gempa berintensitas ringan hingga sedang.

Begitu pula di beberapa daerah seperti di Buol berintensitas II SIG BMKG (IV MMI);  II SIG BMKG (III-IV MMI) di Tolitoli; II SIG BMKG (III MMI) di Luwuk.

"Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan yang masif. Umumnya dampak gempa merusak jika memiliki intensitas di atas VI MMI (kuat)," beber Sutopo.


(REN)