Ahok Minta Maaf ke Warga Bangka Belitung

Whisnu Mardiansyah    •    Minggu, 27 Nov 2016 17:10 WIB
kasus hukum ahok
Ahok Minta Maaf ke Warga Bangka Belitung
Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama -- MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta maaf kepada warga Bangka Belitung terkait kasus dugaan penistaan agama yang menjeratnya. Pria yang akrab disapa Ahok itu juga meminta maaf pada Yusril Ihza Mahendra karena ucapannya di Kepulauan Seribu pada September lalu telah menyinggung umat Islam.

"Saya bagaimanapun harus minta maaf juga. Bukan hanya pada semua umat Islam, tapi juga buat orang Bangka Belitung. Terutama bang Yusril, pasti beliau dibuat repot sekali," kata Ahok saat menghadiri festival musik HUT Provinsi Bangka Belitung di Anjungan Bangka Belitung, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/11/2016).

Menurut Ahok, dirinya banyak dibantu Yusril. Ia meminta Yusril memantunya menjelaskan kepada masyarakat Bangka Belitung, bahwa tak ada niatannya untuk menistakan agama.

"Apalagi bang Yusril sering kita kontak ya. Beliau sering sampaikan pada saya, pelajari Islam baik-baik. Benar-benar itu, banyak sekali keindahan dari agama Islam beliau sering sampaikan. Jadi, beliau ini termasuk salah satu guru saya juga sebetulnya," kata Ahok.

(Baca: Yusril Dukung Ahok Tetap Maju di Pilkada DKI)

Kedua tokoh kelahiran Bangka Belitung itu memang kerap berseberangan secara politik. Namun, Ahok dan Yusril mengaku tetap berteman baik.

"Secara politik kita memang beda pendapat, tapi gak beda pendapat yang jauh," kata Ahok.

Bareskrim Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama pada 16 November. Polisi juga mencegah Ahok ke luar negeri.

Ahok disangkakan Pasal 156a KUHP juncto Pasal 28 ayat 4 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Penyidik mengambil kesimpulan setelah gelar perkara pada 15 November.

 


(NIN)