TIK Jadi Laboratorium Alam di Dalam Kelas

16 Kepala Daerah Melek TIK Diganjar Anugerah Kihajar

Citra Larasati    •    Jumat, 12 Oct 2018 15:48 WIB
Teknologi Pembelajaran
16 Kepala Daerah Melek TIK Diganjar Anugerah Kihajar
Jumpa Pers Anugerah Kihajar 2018, Humas Kemendikbud.

Jakarta:  Kehadiran revolusi industri 4,0 menuntut semua bidang beradaptasi, tidak terkecuali bidang pendidikan.  Untuk itu, kepekaan seluruh pemangku kepentingan untuk menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan di Indonesia.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom), Gogot Suharwoto mengatakan, kondisi geografis Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau, juga menuntut optimalisasi penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menciptakan proses pembelajaran bermutu.  “Indonesia terdiri dari ribuan pulau, TIK merupakan salah satu solusi terhadap proses pembelajaran yang bermutu," kata Gogot di Jakarta, Jumat, 12 Oktober 2018.

Untuk itu, Kemendikbud memberikan apresiasi kepada daerah yang sudah berupaya keras dalam memajukan pendidikan dengan mendayagunakan TIK di wilayahnya. Kemendikbud memberikan penghargaan Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2018 kepada 5 Gubernur, 7 Walikota dan 4 Bupati.  

"Penerima penghargaan dinilai berprestasi dalam memajukan TIK pendidikan di daerahnya masing-masing," ungkap Gogot.

Anugerah Kihajar 2018 mengangkat tema “Pendayagunaan TIK Pendidikan dan Kebudayaan dalam Menyiapkan Generasi Milenial Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Dengan tema tersebut diharapkan Anugerah Kihajar dapat menjadi tolok ukur perkembangan TIK untuk pendidikan di Indonesia. 

Baca: Banyak Negara Gagal Terapkan Literasi Digital

Gogot mengatakan, TIK bisa meningkatkan penyerapan teknologi pada siswa.  Berdasarkan sejumlah studi, siswa lebih mudah menyerap ilmu dari tampilan yang lebih beragam. 

"Melalui TIK, kita bisa mendatangkan laboratorium alam ke kelas,“ ungkap Gogot.

Anugerah Kihajar untuk gubernur, bupati/walikota diberikan sebagai penghargaan kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam pendayagunaan TIK untuk pendidikan. Baik dalam pembelajaran, maupun dalam kegiatan administrasi di sekolah dan lembaga pemerintah yang terkait dengan pendidikan.

Penghargaan akan diberikan pada Malam Anugerah Kihajar ke-7 tahun 2018, di Jakarta, Jumat malam, 12 Oktober 2018.   Proses penilaian dilakukan sejak Juni hingga Agustus 2018.  Penilaian dilakukan oleh tim juri dari kalangan perguruan tinggi, pakar TIK, komunitas TIK dan kalangan internal Kemdikbud, yaitu Pustekkom. 


(CEU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA