2 Jenis Vaksin Sudah dapat Label Halal dari MUI

Arga sumantri    •    Kamis, 12 Oct 2017 15:01 WIB
imunisasi
2 Jenis Vaksin Sudah dapat Label Halal dari MUI
Dokter menyuntikkan vaksin campak dan rubella kepada anak dengan faktor risiko kondisi ikutan pascaimunisasi di RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (23/8/2017). Foto: Antara/Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan sertifikasi halal pada dua jenis vaksin di Indonesia. Keduanya yakni meningitis dan flu.

"Yang halal baru vaksin meningitis sama flu," kata Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Kamis 12 Oktober 2017.

Sementara, vaksin Meales Rubella (MR) belum mendapat sertifikasi halal dari MUI. Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam mengatakan, fatwa halal terhadap vaksin MR tidak bisa dilakukan lantaran sampai hari ini, belum ada pengajuan secara resmi ke MUI.

"Pernah ada konsultasi yang dilakukan, tetapi secara formal belum registrasi," kata Niam.

Niam membeberkan, pembahasan soal vaksin MR sempat intensif berlangsung dengan Kementerian Kesehatan setelah terjadi polemik di masyarakat. Setelah proses konsultasi, kata dia, Kemenkes berkomitmen bakal melakukan konsolidasi secara internal.

"Tetapi sampai detik ini proses formal pengajuan sertifikasi (vaksin MR) belum dilaksanakan," ujar Niam.

Masalah kehalalan imunisasi MR menjadi penyebab beberapa orangtua menolak membawa anaknya untuk imunisasi. Persoalan halal-haram vaksin mencuat saat pemerintah akan memberikan vaksin rubella atau MR (measles-rubella).

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek memastikan vaksin itu tak terbuat dari bahan-bahan yang dinyatakan haram, misalnya mengandung unsur babi seperti yang dikhawatirkan banyak orang. Vaksin dipastikan aman dan bisa dimanfaatkan untuk imunisasi campak rubella pada anak-anak.

(Baca juga: Djarot Minta MUI Terbitkan Fatwa Halal Imunisasi MR)


 


(REN)