Jurnalistik Harus Manfaatkan Teknologi

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 05 Sep 2017 12:08 WIB
media indonesia
Jurnalistik Harus Manfaatkan Teknologi
Reporter Cilik Media Indonesia--Metrotvnews.com/M Sholahadhin Azhar

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan teknologi harus menunjang pekerjaan jurnalistik. Hal ini ditanamkan pada murid-murid SD di program Reporter Cilik Media Indonesia (MI).

"Kemajuan teknologi ini harus bisa dimanfaatkan, supaya anak bisa mengeluarkan ekspresi untuk menulis," kata Direktur Utama MI Firdaus Dayat di Lobi 3 MI, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa 5 September 2017.

Pelatihan terhadap anak-anak SD yang ini sangat tepat, karena mereka menunjukkan bakat menulis. Dari 2.500 tulisan, hanya 100 yang terpilih berdasarkan kualitas karya mereka.

Belum lagi fakta bahwa anak-anak ini adalah generasi pengguna teknologi yang terus berkembang. Pendidikan di tingkat SD juga tak bisa lepas dari teknologi, misalnya, pelajaran Biologi atau Sains yang menuntut purwarupa dari video atau gadget lain. Kondisi itu serupa dengan kehidupan sehari-hari para wartawan.

Baca: Media Indonesia Ingin Cetak Calon Wartawan Berkualitas

Tak bisa menafikan produk teknologi sebagai alat bantu mengoptimalisasi karya mereka. "Sekarang pendidikan lebih terpengaruh oleh teknologi, kita manfaatkan itu," ucap Firdaus.

Andhika, siswa dari SDN Kenari 08 Pagi, Jakarta Pusat mengaku mendapat banyak informasi dari pelatihan itu. Literasi jurnalistik dipaparkan oleh pengajar yang notabene wartawan MI. Mulai dari penulisan berdasarkan KBBI hingga bagaimana menangkal berita hoaks.

"Senang banget, dapat pelajaran bahasa. Lalu gimana harusnya baca media sosial, misalnya berita palsu. Kita baca media cetak, untuk konfirmasi," kata Andhika.

Baca: Media Indonesia Gelar Pelatihan Reporter Cilik

Pengalaman serupa dipaparkan Natasya, Siswa SDN Rawa Jati 03 Pagi, ia menyebut mentalnya menjadi lebih berani. Sebab dalam pelatihan ada tips bagaimana menghadapi narasumber. "Jadi lebih percaya diri kalau mau bertanya," katanya.

Dalam pelatihan itu, mereka diajari praktek wawancara hingga mekanisme dalam menulis. Termasuk menyajikan karya yang layak tayang dan enak dibaca. Reporter Cilik Media Indonesia merupakan program edukasi yang bertujuan untuk memberikan wawasan serta pengalaman di dunia jurnalistik.

Reporter Cilik Media Indonesia merupakan program yang lahir atas pengembangan konten halaman Media Anak yang khusus terbit di harian MI untuk memberikan informasi dan edukasi seputar dunia anak Indonesia. Program ini juga diharapkan mampu menumbuhkan minat anak Indonesia dalam bidang Jurnalistik. Ini juga wujud komitmen MI dalam usaha mencerdaskan anak bangsa.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA