Hari Ini Ratusan Petani Gula Demo di Kemendag

Riyan Ferdianto    •    Senin, 28 Aug 2017 05:19 WIB
demo buruhunjuk rasatebu
Hari Ini Ratusan Petani Gula Demo di Kemendag
Buruh tebang mengangkut tebu yang baru dipanen di areal persawahan Bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Foto: Antara/FIkri Yusuf

Metrotvnews.com Jakarta: Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) akan melakukan unjuk rasa di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), pada Senin 28 Agustus 2017, nanti. Mereka menuntut kebijakan pemerintah yang dianggap belum mensejahterahkan petani gula. Ratusan petani sudah tiba sejak Minggu 27 Agustus 2017, malam, di Jakarta, dan diperkirakan jumlahnya terus bertambah.

Budi Susilo salah satu Anggota APTRI yang bermitra dengan PG Jatiroto PTPN XI, beserta ratusan petani lain sudah tiba di Jakarta sejak Minggu malam. Sejak malam mereka menginap di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Kami sudah sampai Jakara sejak Minggu malam sekitar pukul 11 malam, sekarang di Masjid Istiqlal. Dari Lumajang ini ada satu bus dan dua mobil elf, terus juga ada yang naik kereta, jumlahnya seratusan," kata Budi saat dikonfirmasi Metrotvnews.com, Senin 27 Agustus 2017 pagi.

Budi mengungkapkan, para petani gula membawa beberapa tuntutan untuk pemerintah. Salah satunya kebebasan menjual gula dan penghentian impor raw sugar.

"Tuntutan kita ingin Merdeka menjual gula dan tetesnya sendiri," ujarnya

Selain itu, mereka juga akan menuntut harga penetapan pemerintah (HPP), sebesar Rp9.700 per kilogram. Petani gula menuntut kenaikan harga perkilo gula.

"Harga jual di pasaran Rp 12.000. Kita maunya harga gula di tingkat petani bisa naik, karena biaya prosduksi atau penanaman naik," jelasnya

Anggota APTRI ini juga meminta pemerintah Indonesia bisa mementingkan dan kesejateraan petani gula. Salah satunya dengan mengusut gula oplosan ektra sugar.

"Usut tuntas gula oplosan ektra sugar dengan gula kristal putih, terutama di daerah Jatiroto ini," tuturnya


(LDS)

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

2 weeks Ago

Jakarta: KPK menahan anggota DPR dari Fraksi Golkar Markus Nari, Senin, 1 April 2019. Markus me…

BERITA LAINNYA