Prabowo Subianto Ikut Aksi Bela Rohingya di Monas

Ilham wibowo    •    Sabtu, 16 Sep 2017 15:05 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Prabowo Subianto Ikut Aksi Bela Rohingya di Monas
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menghadiri aksi bela Rohingya di kawasan Monumen Nasional (Monas). Keduanya menyampaikan simpati atas peristiwa kemanusiaan itu.

Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo menyebutkan acara bertajuk 169 itu juga dihadiri Presiden PKS Sohibul Iman dan sejumlah pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam. Tokoh tersebut bergantian menyampaikan pikiran di panggung melalui pengeras suara.

Syakir menekankan kegiatan ini merupakan aksi damai. Tujuannya adalah ingin memberikan solidaritas dan meminta Myanmar menghentikan kekerasan terhadap warga di Rakhine State.

"Ini aksi damai. Kegiatan terpusat di sini, padahal kami ingin long march, tapi tak dapat izin. Tidak apa-apa kami taat aturan," kata Syakir di Kawasan Monas, Sabtu 16 September 2017.

Tak hanya aksi, Syakir menjelaskan pihaknya juga menggalang dana di seluruh Indonesia. Nantinya, dana yang terkumpul itu akan disumbangkan ke etnis Rohingya.

"Sampai Kamis malam dapat Rp3 miliar. Hari ini juga ada penggalangan dana, jadi kami ingin bantu pemerintah juga," ujar dia.

Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup

Akibat aksi ini, kepolisian menutup Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Penutupan jalan diberlakukan Polda Metro Jaya dengan mengerahkan 6.000 personel. Selain membantu kelancaran arus lalu lintas, petugas juga membantu mobilisasi massa yang terus bertambah.

Kepadatan massa nampak di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan. Arus lalu lintas pun nampak tersendat  baik dari arah Jalan Medan Merdeka Timur menuju ke Patung Kuda Indosat maupun arah sebaliknya.


(UWA)