BPOM: Pil PCC Mengandung Karisoprodol yang Izin Edarnya Ditarik 2013

Indriyani Astuti    •    Jumat, 15 Sep 2017 09:03 WIB
obat berbahaya
BPOM: Pil PCC Mengandung Karisoprodol yang Izin Edarnya Ditarik 2013
Ilustrasi/Metrotvnews.com-M Rizal

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) RI bersama Kepolisian tengah menangani kasus dugaan penyalahgunaan pil PCC di Kendari, Sulawesi Selatan. Badan POM RI memberikan bantuan ahli, serta uji laboratorium dalam penanganan kasus tersebut.

Dari hasil uji laboratorium terhadap tablet PCC menunjukkan positif mengandung Karisoprodol. Seluruh obat yang mengandung Karisoprodol dibatalkan izin edarnya pada tahun 2013.

"Karisoprodol digolongkan sebagai obat keras. Mengingat dampak penyalahgunaannya lebih besar daripada efek terapinya," ujar Ketua Badan POM Penny Lukito melalui keterangan resmi, Kamis 14 September 2017.

Baca: BNN Sebut PCC Berkategori Obat Keras

Obat yang mengandung zat aktif Karisoprodol memiliki efek farmakologis sebagai relaksan otot namun hanya berlangsung singkat. Di dalam tubuh akan segera dimetabolisme menjadi metabolit berupa senyawa Meprobamat yang menimbulkan efek menenangkan (sedatif).

"Penyalahgunaan Karisoprodol digunakan untuk menambah rasa percaya diri, sebagai obat penambah stamina," imbuhnya.



Berkaitan dengan itu, Badan POM RI sedang dan terus mengefektifkan dan mengembangkan Operasi Terpadu Pemberantasan Obat-Obat Tertentu yang sering disalahgunakan. Dan memastikan tidak ada bahan baku dan produk jadi Karisoprodol di sarana produksi dan sarana distribusi di seluruh Indonesia.

"Untuk menghindari penyalahgunaan obat maupun peredaran obat ilegal diperlukan peran aktif seluruh komponen bangsa. Baik instansi pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat," sambungnya.

Sebelumnya, Badan POM bersama Kepolisian dan BNN serta instansi terkait lainnya telah berkomitmen membentuk tim Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat. Tim tersebut akan bekerja tidak hanya pada aspek penindakan, namun juga pada aspek pencegahan penyalahgunaan obat.


(YDH)

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

41 minutes Ago

Partai Golkar tengah diterjang badai saat Ketua Umum Setya Novanto ditahan karena tersandung ka…

BERITA LAINNYA