Polisi Ringkus Penyandang Dana Teroris

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 11 Aug 2017 14:32 WIB
terorismepenggerebekan teroris
Polisi Ringkus Penyandang Dana Teroris
Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul memberikan keterangan kepada wartawan mengenai kelanjutan kasus beras PT IBU di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/8/2017). Foto: Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Densus 88 Antiteror meringkus seseorang berinisal SP, 39, yang terindikasi sebagai penyandang dana kegiatan teroris. SP ditangkap Jumat, 11 Agustus 2017 pagi di daerah Pakujaya, Tangerang Selatan, Banten.

"Keterlibatan yang bersangkutan adalah melakukan pendanaan kepada orang-orang yang berangkat ke Filipina dan Suriah," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jumat 11 Agustus 2017.

SP bertugas menggalang dana dan memberangkatkan warga negara Indonesia (WNI) ke wilayah ISIS di Suriah dan Filipina. "SP sudah dibawa ke Markas Komando Brimob akan ada pemeriksaan intensif untuk digali keterlibatan yang bersangkutan," kata Martinus.

Baca juga: Sebuah Rumah Kontrakan di Tangerang Selatan Didatangi Polisi Bersenjata

Penangkapan terduga penyandang dana kegiatan terorisme ini dilakukan di Perumahan Graha Raya, Cluster Melia Grove, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten. Pria berinisial SP itu dikenal sebagai pekerja furnitur.

Rohim, 32, petugas keamanan perumahan, mengatakan SP tinggal di rumah itu bersama istri dan anak-anaknya. Mereka mengontrak di rumah milik warga bernama Doni Wahyudi. "Rumah itu dikontrak tahunan. Tapi dia baru tinggal delapan bulan lalu," kata Rohim kepada Metrotvnews.com.

Baca juga: Polisi Pantau Kompleks Sejak Empat Hari Lalu

Menurut Rohim, polisi mendatangi rumah SPT sekira pukul 07.00 WIB. Kemudian polisi membawa SPT ke Polsek Serpong Utara. Istri dan anak-anaknya pun dibawa ke kantor polisi. "Komandan saya juga dibawa untuk tanda tangan penggeledahan dan keterangan lain," kata dia.


(MBM)