Peran Swasta Strategis dalam Keberhasilan Revitalisasi SMK

Intan Yunelia    •    Jumat, 18 Jan 2019 00:38 WIB
Pendidikan Vokasi
Peran Swasta Strategis dalam Keberhasilan Revitalisasi SMK
Direktur Pembinaan SMK, M. Bakrun saat membuka 'YPA-MDR Go Digital', dokumentasi YPA-MDR.

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapresiasi kehadiran Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dalam kontribusinya di dunia pendidikan di Indonesia. 

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, M Bakrun mengakui, pemerintah memiliki keterbatasan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi rakyatnya.  "Untuk itulah peran swasta bisa memberikan keikutsertaan dalam mengembangkan pendidikan demi perbaikan kualitas sumber daya manusia di Indonesia," kata Bakrun di Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Hal tersebut juga sejalan dengan program Presiden Joko Widodo di tahun ini, yakni fokus pada pembangunan sumber daya manusia. 

Dalam acara peringatan dasawarsa YPA-MDR, Bakrun mengatakan, sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan salah satu target pemerintah untuk membentuk individu yang terampil dan kompeten di bidang-bidang yang dibutuhkan industri.

"Program YPA-MDR sangat bagus dalam memberikan peningkatan kualitas pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Selain itu juga memperbaiki kualitas guru pendidik,"ujar Bakrun.

Baca: Yayasan Pendidikan Astra Dorong Siswa Akrabi Teknologi

Sementara itu, Bupati Pacitan, Indartato mengakui, bahwa yayasan ini telah memberikan dampak positif bagi pendidikan di daerahnya. Pendidikan Kabupaten Pacitan dari tahun ke tahun semakin baik dan cerdas, terutama melalui metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) yang diinisiasi YPA MDR. 

YPA-MDR memberikan dukungan penuh untuk pendidikan di Pacitan melalui program binaan yang dilakukan, terutama di daerah pesisir. Selain itu juga dibina seni dan budaya serta pariwisata lokal secara maksimal.

"Diharapkan kualitas masyarakat Pacitan menjadi meningkat dan keluar dari anggapan bahwa Pacitan sebagai daerah tertinggal," pungkasnya.


(CEU)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA