Jokowi Dukung Penuh Asian Infrastructure Investment Bank

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 12 Mar 2018 10:57 WIB
infrastrukturbank infrastruktur
Jokowi Dukung Penuh Asian Infrastructure Investment Bank
Ilustrasi: Pembangunan. Antara/Sigid Kurniawan.

Jakarta: Presiden Joko Widodo menekankan Indonesia mendukung penuh segala ide dan gagasan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Dukungan itu sudah diberikan Jokowi sejak menjadi presiden.

"Ketika menjadi presiden Indonesia pada 2014, saya menyatakan kepada Presiden (Tiongkok) Xi Jinping, dukungan penuh Indonesia dan keseriusan bergabung dengan Asian Infrastructure Investment Bank," kata Jokowi dalam pertemuan dengan AIIB di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 12 Maret 2018.

Sejak bergabung dengan AIIB, Indonesia mendapat pinjaman dana untuk tiga proyek infrastruktur. Proyek itu meliputi sektor urban dan multisektor.

Baca: Sri Mulyani Dorong Hong Kong Tingkatkan Peran di Kawasan

Di sektor urban ada proyek peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional dengan dana pinjaman dari AIIB sebesar USD216,5 juta atau setara Rp2,8 triliun dan dari Bank Dunia sebesar USD216,5 juta. Di multisektor ada proyek dana pembangunan infrastruktur daerah dan proyek perbaikan dan keselamatan operasional damage tahap II.

Jokowi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan AIIB dalam proyek infrastruktur yang digarap pemerintah Indonesia dalam dua tahun ini. "Kita sadar infrastruktur adalah fokus utama," ucap dia.


(OGI)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

20 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA