Penanganan Kecelakaan Masih Berorientasi pada Anggaran

Faisal Abdalla    •    Selasa, 13 Mar 2018 04:30 WIB
kecelakaan lalu lintas
Penanganan Kecelakaan Masih Berorientasi pada Anggaran
Ilustrasi kecelakaan. Medcom.id/ Rakhmad Riyandi

Jakarta: Mabes Polri meminta pemangku kepentingan tak beriorentasi anggaran (budget oriented) ketika menangani kasus kecelakaan lalu lintas. Penanganan yang beriorentasi anggaran tak mampu menyelesaikan masalah kecelekaan lalu lintas. 

"Kecelakaan lalu lintas terjadi didahului oleh pelanggaran. Ketika ini terjadi terus tentunya akan menjadi evaluasi yang kesekian kalinya. Polri mendorong semua stakeholder harus melakukan pembenahan yang serius tentang hal ini," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Mochammad Iqbal di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin 12 Maret 2018. 

Iqbal menilai kecelakaan yang berulang-ulang ditanjakan Emen bisa diakibatkan karena medan jalan yang curam dan licin. Hal tersebut harus dibenahi oleh dinas terkait. 

Untuk mengatasi itu, Polri meminta penanganan kecelakaan lalu lintas tak lagi beriorentasi anggaran. Namun penanganan harus beriorentasi keselamatan. 

"Kami dorong agar semua stakeholder jangan hanya melihat dari budget oriented. Kalau ada kecelakaan, pembenahannya melihat anggaran. Ini anggarannya nanti, bulan depan, kalau begitu nanti kecelakaan lagi. Penanganannya harus safety oriented," pungkas Iqbal. 

Sebelumnya, sebuah minibus terguling di Jalan raya jurusan Bandung-Subang Kampung Cicenang Desa Kecamatan Ciate, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tepatnya di turunan Emen.

Akibat kecelakaan ini, 16 korban luka-luka  yang merupakan rombongan dari karyawan rumah makan di Kabupaten Indramayu dilarikan ke RSUD Ciereng Subang, Jawa Barat. 


(SCI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA