BKN Blacklist Peserta Tes CPNS Curang

Nur Azizah    •    Sabtu, 16 Sep 2017 16:17 WIB
pendaftaran cpnsseleksi cpns
BKN <i>Blacklist</i> Peserta Tes CPNS Curang
Peserta tes CPNS berebut melihat hasil pengumuman kelulusan. Foto: Antara/Siswowidodo

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Kepegawaian Negara (BKN) tak main-main terhadap peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berbuat curang. Mereka yang terbukti curang akan langsung dicoret sebagai peserta dan masuk dalam daftar hitam.

Kecurangan terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, beberapa hari lalu. Saat itu, salah seorang peserta ketahuan membawa alat komunikasi saat tes Kompetensi Dasar (SKD) Computer Assisted Test (CAT) CPNS  Kemenkumham.

"Di sela-sela proses body check menuju ruang CAT, seorang peserta didapati menyembunyikan alat komunikasi dengan rapi di balik pakaiannya," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu, 16 September 2017.

Bima menuturkan peserta tersebut berniat curang demi lulus SKD menggunakan CAT BKN. Peserta nekat bekerja sama dengan joki melalui alat komunikasi.

"Peserta yang melakukan kecurangan harus dicatat dalam database sebagai daftar hitam yang tidak akan diberi kesempatan kembali untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)," kata dia.

Baca: Banyak Peserta Seleksi CPNS Kemenkumham Gugur karena Tinggi Badan

Saat ini, peserta yang berlaku curang telah diinterogasi. Dia juga sudah diserahkan kepada pihak yang berwajib untuk diinvestigasi.

"Hasil penyelidikan polisi di Polsek Semarang Tengah menyatakan tidak ada panitia BKN maupun Kemenkumham yang terlibat dalam tindakan curang itu," kata dia.




(UWA)