Selidiki Kasus Jopi, POM Al Harus Transparan

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 26 May 2015 17:12 WIB
pembunuhanpenganiyaan
Selidiki Kasus Jopi, POM Al Harus Transparan
Lokasi diduga Jopi cekcok dengan pelaku penusukan di Kemang. Foto: MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Koalisi Solidaritas untuk Jopi Lesmana Peranginangin menilai polisi cuci tangan karena melimpahkan kasus penusukan Jopi kepada POM AL. Pelimpahan itu dinilai terlalu dini dan tanpa menyertakan surat perkembangan penyidikan ke kuasa hukum keluarga korban.

Koalisi Solidaritas untuk Jopi juga menyayangkan sikap POM AL yang dianggap gegabah mengeluarkan pernyataan bahwa penusuk Jopi satu orang. POM AL diminta bekerja profesional dan transparan.

"Kami mendesak Kepala Staf Angkatan Laut untuk memerintahkan POM AL melakukan penyidikan dan proses hukum secara transparan dan akuntabel agar keadilan bagi keluarga korban dapat terpenuhi," kata Rekan Jopi di LSM Sawit Watch Ronald Siahaan di Rumah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (26/5/2015).

Pihaknya juga mendorong Komnas HAM  turut memantau proses hukum dan memastikan semua proses adil dan transparan. Kemudian, untuk memberikan jaminan bagi saksi-saksi, peran Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban sangat penting.

Jopi dikeroyok di sebuah diskotik di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu. Ia sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina. Nyawanya tidak tertolong karena luka tusuk di tubuhnya sangat parah.


(TRK)