Wika Akan Bertanggungjawab Terhadap Korban Runtuhnya Tol Manado-Bitung

Fachri Audhia Hafiez    •    Rabu, 18 Apr 2018 08:05 WIB
kecelakaan lalu lintaslongsorkecelakaan kerja
Wika Akan Bertanggungjawab Terhadap Korban Runtuhnya Tol Manado-Bitung
Proses evakuasi korban yang tertimbun longsoran material bangunan tol Manado-Bitung, Sulut pada Selasa, 17 April 2018. (Foto: Istimewa)

Jakarta: PT Wijaya Karya (Wika) mengaku akan bertanggungjawab tekait runtuhnya overpass akses Jalan Tol Manado-Bitung. Wika juga berjanji akan bertanggung jawab penuh terhadap penanganan korban.

"Menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat atas kejadian ini dan memastikan para korban mendapatkan penanganan terbaik," demikian keterangan pers Wika yang diterima Medcom.id, Rabu, 18 April 2018.

Baca: Evakuasi Korban Longsoran Tol Manado-Bitung Terkendala Material Keras

Penanganan evakuasi 21 korban yang bekerja di lokasi atas kerjasama Basarnas, Brimob, dan Kodim. Sebanyak lima pekerja telah mendapatkan perawat dan sudah diizinkan pulang

"Adapun 14 orang mendapat perawatan inap untuk memastikan kesehatan yang bersangkutan dan 2 orang pekerja masih mendapatkan pertolongan di lokasi," sambung keterangan tersebut.

Wika menjelaskan, Senin, 16 April 2018 pukul 22.00 WITA, tengah dilakukan pembangunan dua slab (pelat beton) overpass di Desa Tumaluntung, Minahasa Utara dengan spesifikasi panjang bentang 36 meter dan lebar 10 meter.

"Pembangunan overpass tersebut sebagai penghubung atau akses Jalan Tumaluntung yang kemudian akan diikuti dengan pekerjaan konstruksi underpass Jalan Tol Manado Bitung," kata Wika dalam keterangan resminya.

Baca: Proyek Tol Manado-Bitung Longsor Diduga Akibat Cor Basah

Sementara, pada Selasa, 17 April 208 pukul 13.58 WITA, pekerjaan pengecoran insitu pada salah satu slab, tiba-tiba runtuh, dimana salah satu slab dengan spesifikasi dan metode kerja yang sama telah berhasil dibangun.

"Dengan demikian dapat kami sampaikan klarifikasi bahwa konstruksi yang runtuh adalah overpass akses Jalan Tumaluntung yang melintas di atas lokasi rencana Jalan Tol Manado - Bitung (underpass) dan bukan konstruksi Jalan Tol Manado Bitung (belum terbangun)," pungkas Wika.


(DEN)