Hewan di Kebun Binatang tak Butuh Makanan Pengunjung

Muhammad Al Hasan    •    Sabtu, 16 Jun 2018 17:36 WIB
hari raya idul fitriIdulfitri 1439 H
Hewan di Kebun Binatang tak Butuh Makanan Pengunjung
Penjaga hewan (Animal Keeper) memberi makan kepada kuda nil kerdil (Pygmy Hippopotamus) bernama Devi yang berulang tahun ke-32, di kandang peraga Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jawa Timur, Rabu (15/3) - ANT/M Risyal Hidayat

Jakarta: Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Dina Himawati menegaskan, memberi makan pada hewan koleksi tidak baik. Bahkan, hewan bisa sakit.  

"Bisa berdampak negatif terhadap satwa kami, seperti sakit," kata Dina kepada wartawan di lokasi, Sabtu, 16 Juni 2018.

Dina menuturkan, Taman Margasatwa Ragunan mengoleksi 2.160 hewan di mana  95 persennya termasuk hewan dilindungi. Oleh karena itu tidak bisa sembarangan orang bisa memberi makanan.

"Satwa-satwa di sini dilindungi jadi sudah kami jamin makananya, Jadi mereka sudah terjamin. Tidak perlu lagi makanan dari para pengunjung," tandas Dina.

Bila koleksi hewan di Ragunan sakit akibat ulah pengunjung, tentu dapat menggangu pelayanan. "Bila satwa di sini sakit, otomatis akan mengganggu pelayanan. Jadi makanan yang dibawa pengunjung silakan dimakan sendiri," tambah dia. 

Dina mengakui, masih ada pengunjung jail yang memberi makan pada hewan koleksi. Mereka biasanya memberi makan satwa yang atraktif dan reaktif terhadap manusia.

"Biasanya di orang utan, atau yang memunculkan tingkah laku yang menarik, lucu gitu. Artinya yang daya tariknya tinggi, terutama orang utan dan gajah," beber Dina.

Untuk mengantisipasi tindakan ceroboh pengunjung, tahun ini pengelola bakal melakukan operasi tangkap tangan pada pengunjung yang memberi makan pada hewan. Mereka bakal dilaporkan ke polisi. 

(Baca juga: Pengunjung Jail di Ragunan Siap-siap Disanksi)




(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA