Presiden Jajan Cireng Tusuk di Ciracas

Dheri Agriesta    •    Kamis, 10 Jan 2019 19:54 WIB
presiden jokowiumkm
Presiden Jajan Cireng Tusuk di Ciracas
Presiden Joko Widodo memegang jajanan yang dibeli di Lapangan Bola Gongseng, Ciracas, Jakarta Timur. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jakarta: Presiden Joko Widodo memborong sejumlah jajanan usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan bantuan kredit PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di Ciracas, Jakarta Timur. Salah satu jajanan yang dibeli adalah cireng tusuk. 

Dia lokasi, Jokowi meninjau dan memberikan arahan kepada penerima program PNM di Lapangan Bola Gongseng, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis, 10 Januari 2019. Namun, saat menuju mobil, Presiden tertarik melihat sejumlah jajanan yang dijajakan penerima program PNM. 

Ia berhenti sembari mengobrol dengan pedagang. Ada beberapa jajanan yang dibeli Kepala Negara, seperti keripik pedas, rempeyek, pempek, dan cireng tusuk. Di gerobak cireng tusuk, Jokowi bahkan mengambil sendiri jajanannya. 

"Ini buat dimakan," kata Jokowi sambil memamerkan cireng tusuknya. 

Jokowi mengungkap alasan memborong sejumlah jajanan. Bungkusan kripik, rempeyek, dan pempek dibeli bukan untuk dimakan sendiri. 

Baca: ?Indonesia Perlu Lembaga Pemeringkat Kredit Mikro

Dia menjelaskan bila ada banyak anggota keluarga yang tinggal di rumahnya. Selain ia dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, ada 90 anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang bertugas menjaganya. 

Presiden yang memiliki latar belakang pengusaha ini berbagi resep kepada para pengusaha kecil. Ia menyarankan pengusaha kecil memiliki semangat mengembangkan usahanya. 

"Dulu yang jualan di rumah kalau agak gede bisa punya warung, kalau agak gede lagi bisa punya toko, tahapan-tahapan itu mesti lebih gede lebih gede," kata Jokowi.




(OGI)