SCG Berkomitmen Bangun Indonesia Jadi Lebih Baik

M Studio    •    Rabu, 21 Sep 2016 11:02 WIB
industri semen
SCG Berkomitmen Bangun Indonesia Jadi Lebih Baik
SCG mengembangkan produk-produk semen yang inovatif dan dipasarkan di negara ASEAN, termasuk Indonesia (Foto:Dok.SCG)

Metrotvnews.com. Jakarta: Percepatan proyek infrastuktur yang digagas pemerintahan Joko Widodo berdampak positif terhadap pertumbuhan industri semen Indonesia. Pada 2016, pertumbuhan industri semen diprediksi meningkat sebesar 5 persen.


"Dengan pertumbuhan 5 persen tersebut, permintaan semen ditaksir akan mencapai 3-4 juta ton pada tahun ini," ucap Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia, Widodo Santoso.


Permintaan semen tersebut diyakini dapat tercukupi oleh kapasitas produksi dalam negeri, seperti Siam Cement Group (SCG). Berdiri sejak 1913, SCG yang merupakan perusahaan konglomerasi terkemuka di ASEAN senantiasa berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan menawarkan produk semen dan bahan bangunan berkualitas premium.


Berbekal pengalaman yang sangat lama di industri semen, SCG juga mengembangkan produk-produk semen yang inovatif dan dipasarkan di negara-negara ASEAN termasuk Thailand, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Indonesia. Dengan membawahi lebih dari 200 perusahaan, produsen semen asal Thailand ini mempekerjakan lebih dari 52.500 orang karyawan, serta tersebar luas di Benua Asia, khususnya wilayah ASEAN. Khusus di Indonesia, SCG mulai menjalankan bisnis sejak 1995. Perusahaan ini memiliki tiga inti unit bisnis, yaitu SCG Cement-Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. SCG memiliki total 23 perusahaan dengan total kurang lebih 7.100 karyawan.


Perusahaan yang mendirikan pabrik di Sukabumi, Jawa Barat, ini selalu berupaya menciptakan produk performa tinggi yang inovatif dengan kualitas premium untuk melayani kebutuhan konsumen dari berbagai industri. Ini sejalan dengan komitmen untuk selalu berinovasi dalam menciptakan produk dan menyediakan layanan berkualitas tinggi untuk menjawab kebutuhan pelanggan serta memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dan ASEAN.


“Ketika berbicara SCG sebagai sebuah merek, kami ingin masyarakat melihatnya sebagai merek ASEAN. Bukan berarti kami hanya menjual produk di ASEAN. Namun, masyarakat ASEAN percaya dengan beragam produk kami, mulai dari semen, bahan bangunan, kimia hingga kemasan, dan penerapan kegiatan yang berkelanjutan. Saat Anda pergi ke negara ASEAN, sudah pasti Anda akan melihat SCG," kata Country Director SCG, Nantapong Chantrakul.


Perusahaan yang didirikan oleh Raja Vajiravudh (Rama VI) itu terus mengembangkan produk yang inovatif. Beberapa di antaranya, SCG Cement, SCG Smartblock Lighweight Concrete, SCG Pipe and Precast, Jayamix by SCG, keramik dinding, lantai dan atap di bawah merek KIA, keramik dinding dan lantai di bawah merek ‘COTTO’, PVC resin, dan percetakan offset.


Memegang akreditasi ISO 14001 untuk environmental management, SCG juga berkontribusi pada konservasi lingkungan dan menciptakan nilai-nilai di masyarakat. Dalam menjalankan bisnisnya, SCG selalu berpegang pada prinsip Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development/SD), yang menekankan pada keseimbangan di dalam sektor lingkungan, sosial, dan ekonomi di bawah tata kelola perusahaan.


Perusahaan yang berkantor pusat di Bangsue, Bangkok, Thailand, itu konsisten mengoperasikan pabriknya dengan konsep Industri Hijau (Green Manufacturing). Berkat komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan, SCG dikenal sebagai salah satu produsen terkemuka yang menerapkan konsep pabrik hijau dan bersih (green & clean concept). Salah satu praktik dalam menerapkan industri hijau dan bersih yaitu penggunaan sistem generator berdaya panas limbah (Waste Heat Generator/WHG) dalam proses produksi semen.


Contohnya adalah pabrik yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Pabrik yang dikelola PT Semen Jawa itu merupakan pabrik semen pertama SCG di Indonesia sekaligus pabrik semen kedua SCG di ASEAN, selain di Thailand.


Tak hanya itu, perusahaan yang pada 2015 oleh majalah Forbes dinobatkan sebagai 4 terbesar di Thailand ini juga menunjukkan kepedulian terhadap kelangsungan masa depan generasi muda Indonesia, yakni dengan berkontribusi nyata pada sektor pendidikan. Sebanyak 350 beasiswa pendidikan diberikan untuk anak-anak Indonesia dalam program “SCG Sharing the Dream 2016”. Melalui program yang menjadi bagian dari CSR (corporate social responsibility) tersebut, SCG turut berperan dalam menciptakan perbaikan sosial dan ekonomi jangka panjang.

 


(ROS)

Anies-Sandi Tawarkan Program Universal Untuk Jakarta
Pilkada Serentak 2017

Anies-Sandi Tawarkan Program Universal Untuk Jakarta

15 minutes Ago

Menurut dia, pembangunan di Jakarta hanya untuk masyarakat kaya dan masyarakat miskin semakin t…

BERITA LAINNYA
Video /