Penghormatan Terakhir untuk Azhar Romli

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 15 Sep 2017 12:20 WIB
berita dpr
Penghormatan Terakhir untuk Azhar Romli
Upacara penghormatan terakhir untuk Azhar Romli dipimpin Sekretaris Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: MTVN/Gervin N. Purba

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi IV DPR Azhar Romli meninggal pada Kamis malam 14 September. Pagi tadi, anggota Dewan menyampaikan penghormatan terakhir untuk politikus Partai Golkar itu.

Azhar dikabarkan meninggal saat mengikuti rapat Panja Rancangan Undang-Undang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem (KKHE). Ia meninggal pukul 20.30 WIB, setelah sempat dibawa ke Rumah Sakit Siloam Semanggi.

Upacara penghormatan terakhir dipimpin Sekretaris Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita. Hadir politikus lintas partai seperti dari Hanura ada Saleh Husin, dari NasDem ada Ferry Mursyidan Baldan, serta Sekretaris Jenderal DPR Achmad Juned.

"Kita semua hadir untuk memberikan penghormatan terakhir atas jasanya selama ini," kata Agus Gumiwang saat memimpin upacara penghormatan terakhir untuk Azhar Romli di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Selanjutnya, jenazah dibawa ke Masjid Baiturakhman di Kompleks Parlemen untuk disalatkan. Menurut rencana, pemakaman Azhar Romli sekira pukul 13.00 WIB di Taman Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar Aziz Syamsuddin mengenang Azhar Romli sebagai sosok yang selalu berpegang teguh pada prinsip. Ia mengaku sering berdiskusi dengan Azhar.

"Apabila putusan partai telah diutus, beliau secara 100 persen melaksanakan kebijakan partai," ujar Aziz.

Aziz menuturkan, Azhar sempat menasihati anggota Fraksi Golkar agar selalu menghargai perbedaan pendapat dalam sebuah rapat. "Beliau mengatakan, bila memang tidak ada kata sepakat coba dimusyawarahkan," tutur Aziz.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron merasa sangat kehilangan Azhar Romli. Semalam, Herman bersama Azhar mengikuti rapat Panja RUU KKHE. Saat itu, Herman menilai Azhar sehat, tak ada tanda-tanda ia sedang sakit.

Bagi Herman, almarhum merupakan sosok yang baik, rajin mengikuti rapat, dan selalu aktif memberikan pandangan secara konstruktif. "Beliau aktif di Panja dan saya memberi pesan agar mengawal di Baleg karena beliau juga anggota Baleg," jelasnya.

Azhar merupakan senior Herman ketika aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Herman mendoakan anggota Dewan dari daerah pemilihan Provinsi Bangka Belitung itu mendapat tempat terbaik di sisi Allah.


(TRK)