Istana Minta Bantuan IPB Merawat Satwa

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 06 Nov 2018 19:51 WIB
istana negara
Istana Minta Bantuan IPB Merawat Satwa
Penandatanganan kerja sama antara Sekretariat Presiden dan IPB. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli..

Jakarta: Sekretariat Presiden dan Institute Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dalam merawat hewan-hewan yang dipelihara di Istana Kepresidenan. Hewan tersebut antara lain, domba dan katak.
 
"IPB memiliki keilmuan yang tepat, para ahli yang dapat membantu kita untuk memelihara hewan yang kita miliki, ada kuda dan rusa. Bapak Presiden (Joko Widodo) juga memelihara domba dan katak," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setia Utama di Wisma Negara, Jakarta, Selasa, 6 November 2018.
 
Dia belum tahu apakah perlu perawatan khusus untuk katak yang dipelihara Presiden. Dia yakin para ilmuwan di IPB paham hal itu.
 
"Saya enggak hafal, apa perlu treatment khusus untuk katak. Saya enggak tahu, tapi alangkah baiknya kalau kita pelihara dengan keilmuan yang dimiliki oleh bapak ibu dari IPB," ujar dia.
 
Selain hewan, IPB juga diminta merawat benda-benda di Istana Kepresidenan. Istana memiliki banyak benda-benda budaya bersejarah.
 
"Ke depan kita akan kerja sama untuk memelihara benda-benda di Istana yang sangat banyak," ucap dia.

Baca: PM Abe Senang Disambut Anak-anak dan Rusa di Istana Kepresidenan

Sementara itu, Rektor IPB Arif Satria menilai kerja sama ini sangat tepat. Dengan begitu, Istana dan IPB bisa bersinergi dalam menjaga dan merawat istana di seluruh Indonesia.
 
Dia mengakui berkompeten dalam merawat hewan-hewan, seperti rusa, kuda maupun ayam. Tak hanya hewan, dia juga mampu merawat pohon-pohon yang ada di Istana.
 
"Sebenarnya jtidak menutup kemungkinan banyak hal yang bisa kita kerjakan terkait soal lanskap pengembangan dan pengelolaan," ujar dia.




(FZN)