Pancasila Modal Generasi Milenial Masuki Indonesia Emas

Siti Yona Hukmana    •    Rabu, 07 Nov 2018 13:57 WIB
beasiswa osc
Pancasila Modal Generasi Milenial Masuki Indonesia Emas
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD, Medcom.id/Sitii Yona Hukmana.

Jakarta: Nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila harus ditanam kepada generasi muda sejak sekarang.  Sebab nantinya, mereka yang akan menjadi pemimpin saat Indonesia memasuki era Indonesia Emas di 2045.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD mengatakan, ideologi pancasila menjadi modal anak muda menyosong 100 tahun Indonesia.  "Pancasila itu mendorong kemajuan skill dan otak, sekaligus juga membendung, atau untuk pertahanan dan ketahanan otak.  Agar orang selalu punya kesetiaan terhadap negara, bangsa dan keselamatan masyarakatnya," kata Mahfud saat diskusi bertema Indonesia Emas 2045, di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu, 7 November 2018.

Baca: Penerima Beasiswa LPDP Garda Terdepan Pembela NKRI

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga menegaskan, agar para milenial berpegang teguh terhadap pancasila. Dengan demikian, watak anak bangsa akan terbentuk. 

"Itu yang harus ditanam mulai sekarang ke generasi penerus. Jangan hanya skill dan otak, kita perlu menggiatkan modal ideologis kita, yaitu pancasila," ungkap dia. 

Selain itu, Mahfud mengaku Indonesia kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Ia berharap kekayaan alam itu dapat dirawat dengan baik.  "Kita punya 17.504 pulau. Lalu SDA kita punya tambang emas, batu bara, hutan, ikan. Sekarang ini lagi populer yaitu panas bumi, yang dianggap akan menjadi alternatif utama energi baru di Indonesia. Sekarang sudah banyak diincar negara-negara asing," ungkap dia.


(CEU)