UI Peringkat 82 Universitas Terbaik di Negara Berkembang

Intan Yunelia    •    Jumat, 18 Jan 2019 18:11 WIB
Pendidikan Tinggi
UI Peringkat 82 Universitas Terbaik di Negara Berkembang
Rektor UI, Muhammad Anis, Medcom.id/Citra Larasati.

Jakarta: Universitas Indonesia (UI) berhasil menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk Top 100 Emerging Economies University Rangking versi Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE).  UI menduduki peringkat ke-82, bersama dengan Beijing Institute of Technology, dari 442 perguruan tinggi dari 43 negara berkembang di dunia. 

Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, pencapaian ini membuktikan Perguruan Tinggi di Indonesia telah mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lain di dunia. "Kami bangga menjadi perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih peringkat ke-82 dalam kancah pemeringkatan universitas terbaik di negara berkembang," kata Anis, di Jakarta, Jumat, 18 Januari 2019.

Tahun ini merupakan tahun keempat Indonesia masuk ke dalam pemeringkat THE. Lembaga pemeringkatan ini secara konsisten sudah menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran, penelitian, transfer dan sharing keilmuan, serta cakupan internasional sebuah universitas.

"Dengan prestasi ini, diharapkan, nama baik Pendidikan di Indonesia dapat terus dikenal oleh masyarakat dunia, sehingga bertambah banyak jumlah mahasiswa asing yang ingin menikmati perkuliahan di negeri ini," ujar Anis.

Baca: Puan Puji Kontribusi Lulusan FMIPA UI

Saat ini, kata Anis, performa UI semakin meningkat. Baik kapasitas maupun kualitas riset, inovasi dan pengabdian masyarakat.  UI sedang berusaha memperluas jaringan dengan kampus-kampus Asia, Eropa dan lainnya.

"UI juga senantiasi berupaya menarik minat international students atau mahasiswa asing untuk berkuliah di UI," tutur Anis.

Pencapaian UI ini menurut Anis, juga dapat menjadi lokomotif perguruan tinggi di Indonesia.  UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang mampu berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional di tingkat global, mempromosikan inovasi dan kewirausahaan serta mengatasi tantangan sosial.

Peringkat pertama hingga keempat didominasi oleh Perguruan Tinggi dari Negara Republik Rakyat Tiongkok, yaitu Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University, dan University of Science and Technology of China (masing-masing menduduki Peringkat 1, 2, 3 dan 4 secara berturut-turut). 

Sedangkan dari negara tetangga, Malaysia, sebanyak tiga Perguruan Tinggi berhasil masuk ke dalam jajaran Top 100 Universitas terbaik, yaitu University of Malaya, Universiti Teknologi Petronas, dan Universiti Teknologi Malaysia (peringkat 18,  60, 86 secara berturut-turut).


(CEU)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA