Perempuan Harus Berani Laporkan Pelecehan Seksual

   •    Senin, 11 Jun 2018 14:30 WIB
hoaxpartai solidaritas indonesia
Perempuan Harus Berani Laporkan Pelecehan Seksual
Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari. Medcom.id/M Rodhi Aulia.

Jakarta: Perempuan diminta berani melaporkan segala bentuk kekerasan maupun pelecehan seksual yang menimpanya. Tak hanya itu, perempuan juga harus berani melaporkan fitnah atau kabar bohong tentang kehidupan pribadinya yang disebar melalui media sosial.
 
Hal itu diungkapkan politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari terkait kasus yang menyeret Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie.
 
Eva mengapresiasi langkah Grace yang mempolisikan penyebar fitnah tentang hubungan dirinya dengan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok.
 
Menurut Eva, banyak perempuan yang masih acuh dalam menyuarakan pelecehan seksual di sosial media.
 
"Menurutku sikap Grace menyuarakan kegusaran, hingga ancaman pelaporan ke polisi itu kemajuan karena banyak yang mendiamkan kasus pelecehan seksual dan hoaks di sosmed," kata Eva, Senin, 11 Juni 2018.

Baca: Politikus PSI Diperiksa Terkait Hoaks

Dia menambahkan, jika kepolisian mengusut dan menindaklanjuti laporan Grace, maka akan membawa manfaat bagi para perempuan lainnya yang mengalami kasus serupa.
 
"Jika polisi menindaklanjuti laporan Grace, akan menjadi insentif bagi perempuan lain untuk menjaga martabatnya. Ini akan jadi pembelajaran untuk semua pihak bahwa hoaks dan fitnah seksual tidak bisa diterima perempuan," ucap Eva.
 
Eva mengatakan, Grace sebagai tokoh publik harus bisa menjadi ikon di masyarakat untuk mencegah pelecehan dan fitnah seksual. Hal ini dapat menjadi pendidikan politik kepada masyarakat, utamanya kaum hawa.
 
"Grace bisa jadi ikon atau ambassador. Ini bukan sekadar menghukum pelaku, tapi juga pendidikan politik ke semua lapisan masyarakat. Stop pelecehan terhadap perempuan melalui hoaks," ujarnya.


(FZN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA