KPI, MUI, dan Kemenpora Gelar Anugerah Syiar Ramadan

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 28 Jun 2018 15:03 WIB
berita kemenporaRamadan 2018
KPI, MUI, dan Kemenpora Gelar Anugerah Syiar Ramadan
Ketua MUI Ma'ruf Amin saat Anugerah Syiar Ramadan. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) menggelar Anugerah Syiar Ramadan 1439 H/2018. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi tayangan yang memotivasi anak muda.

"Dalam rangka membuat tayangan yang mendorong dan memberi inspirasi anak muda," kata Ketua KPI Yuliandre Darwis di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni 2018.

Menurut dia, apresiasi ini penting. Pasalnya, tayangan televisi menjadi sumber literasi generasi muda. Data 2017, 79,3 persen dari 62 juta pemuda Indonesia mengakses televisi, sedangkan 9,5 persen lebih suka mendengar radio, dan yang membaca koran hanya 6 persen saja.

"Dengan anugerah ini, tentu kita ingin televisi menanamkan nilai kemuliaan karena program-program tersebut harus jadi teladan. Maka, program televisi Ramadan tak boleh menyesatkan," jelas dia.

Ketua MUI Ma'ruf Amin mengamini pernyataan Darwis. Dia mendukung kreatifitas lembaga penyiaran untuk mengarusutamakan tontonan yang positif sehingga menginspirasi anak muda dan mengurangi mudarat menonton televisi.

"Tontonan yang menjadi tuntunan dan mengurangi tontonan yang berlabel Ramadan, tapi isinya justru merusak," kata Maruf.

Baca: MUI Minta 5 Program TV Ramadan Disetop

Dengan program televisi yang baik, ia melihat Indonesia bisa membangun akhlak masyarakat. "Kita yakin masyarakat Indonesia makin terpelajar dan tercerahkan dengan program positif," tandas Maruf.

Sementara itu, ada tujuh kategori program yang dinilai oleh KPI dan MUI. Kategori itu meliputi reality show, sinetron dan film, ceramah, pencarian bakat, wisata budaya, talkshow, dan kuliah tujuh menit (kultum). 

Penghargaan juga diberikan untuk lima kategori berdasarkan penilaian Kemenpora. Rinciannya yakni kategori host muda inspiratif, dai muda inspiratif, grup musik/penyanyi, aktor muda inspiratif, dan televisi inspirasi pemuda Indonesia.


(OGI)