Menaker Dukung Pembentukan Dewan Pendidikan Nasional

   •    Selasa, 03 Jul 2018 10:36 WIB
berita kemenakerKualitas Pendidikan
Menaker Dukung Pembentukan Dewan Pendidikan Nasional
Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri (Foto:Dok.Kemenaker)

Jakarta:  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mendukung rencana pembentukan Dewan Pendidikan Nasional (DPN) yang bertujuan untuk menyelaraskan dunia pendidikan dengan kebutuhan industri.

“Pembentukan DPN merupakan langkah yang bagus, namun nantinya yang dikedepankan jangan upaya pembentukannya, melainkan pelaksanaan fungsinya,” kata Hanif dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 3 Juli 2018.

Dijelaskan Menaker, dasar pembentukan DPN adalah untuk membantu pemerintah menyatukan tujuan pendidikan di Indonesia.  "Jadi supaya pendidikan di Indonesia itu satu tujuan dan nyambung dengan dunia industri," ujarnya.

Produk dari DPN adalah kajian-kajian yang dapat digunakan untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia agar selaras dengan industri.

Selama ini pendidikan di Indonesia diselenggarakan oleh banyak pemangku kepentingan. Misalnya, pendidikan di Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kemenristekdikti.

“Ini kenyataan di lapangan, mereka melihat pelaksanaan pendidikan belum sesuai kebutuhan pasar kerja, jadi ini bukan pendidikan vokasi saja, tetapi pendidikan secara umum,” kata Hanif.

Diakui Menaker, salah satu permasalahan tenaga kerja di Indonesia adalah ketidaksesuaian antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan pasar, sehingga keberadaan DPN sangat diperlukan. Sehingga dengan dibentuknya DPN, ungkap Menaker, ke depannya pendidikan di Indonesia dapat lebih terarah dan lulusannya mudah diserap oleh dunia industri.

“Saya menaruh harapan yang besar terhadap pendidikan di Indonesia. Apapun jenis pendidikannya, baik formal maupun informal, yang penting dapat meningkatkan kompetensi sehingga tenaga kerja Indonesia dapat masuk dunia kerja dengan mudah,” kata Menaker.


(CEU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA