Humas Diminta Kampanyekan #Indonesiabicarabaik

Deny Irwanto    •    Jumat, 13 Jul 2018 13:48 WIB
bpp perhumaspemilu serentak 2019
Humas Diminta Kampanyekan #Indonesiabicarabaik
Ketua Umum Perhumas Indonesia Agung Laksamana. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Jakarta: Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) mengajak seluruh pekerja di bidang public relations (PR) berperan positif di tahun politik. Mereka diminta mempromosikan tagline #Indonesiabicarabaik.

Ketua Perhumas Agung Laksamana mengatakan peran PR atau humas sangat central dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Humas pun bisa berbuat sesuatu untuk kepentingan umum atau hal lainnya. 

"Kalau tanya di Indonesia ada berapa humas, ada 260 juta. Kita adalah humas bagi Indonesia dan harus menyosialisasikan #Indonesiabicarabaik," kata Agung di Financial Hall Jakarta, Graha CIMB Niaga, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018.

Agus menumbuhkan rasa optimistis bila sejatinya banyak hal menarik dan banyak berita positif mengenai Indonesia. Para humas pun perlu bekerja keras. 

Hari ini, Perhumas menggelar coffee morning and halalbihalal dengan tema "Public Relations dalam Tahun Politik". Agung melihat ada tantangan untuk profesi PR pada tahun politik.

Humas, kata dia, bisa banyak belajar dari tahun politik. Mereka juga bisa berperan aktif dalam memetakan tahun politik agar tidak tergerus dengan pemberitaan yang politis.

"Jadi, humas bukan hanya listening skill-nya, tapi kompetensi untuk melihat tren ke depan untuk 2019. Jadi, ini suatu proses membangun PR yang profesional," ungkap Agung.

Dia pun mengingatkan situasi politik kemungkinan memanas pada Pemilu 2019. Para humas pun diminta bisa mengantisipasinya dengan baik.

"Karena dalam korporasi, dalam bisnis itu harus melihat pemetaannya bagaimana humas bisa menyosialisasikan brand-nya. Kalau tidak, dengan begitu banyak news, berita-berita mereka akan terkubur," pungkas Agung.
(OGI)