Pembangunan UIII Rampung 2022

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 05 Jun 2018 10:53 WIB
pendidikanPendidikan Tinggi
Pembangunan UIII Rampung 2022
Jokowi-JK meletakkan batu pertama pembangunan UIII di Depok/Medcom.id/Fikar

Jakarta: Pemerintah mengucurkan dana sekitar Rp700 miliar untuk pembangunan tahap awal Universitas Islam Internasional Indonesia. Pembengunan ditargetkan rampung pada 2022.

"Tahun ini sudah dianggarkan Rp 700 miliar dan diperkirakan selesai secara total dalam waktu 4 tahun," kata Jokowi dalam sambutannya di lokasi pembangunan UIII, Depok, Jawa Barat, Selasa, 5 Juni 2018.

Baca: Jokowi Mau UIII Jadi Pusat Kemajuan Peradaban Islam

Jokowi juga meletakkan batu pertama pembangunan UIII. Wakil Presiden Jusuf Kalla mendampingi Jokowi dalam acara tersebut.

Secara total. pembangunan UIII menelan biaya Rp3,5 triliun dan telah masuk dalam bagian proyek strategis nasional. Tahun depan, sebagian kampus sudah bisa dimanfaatkan untuk perkuliahan.

"Tahun depan sudah bisa digunakan (sebagian), satu atau dua mata kuliah sudah disiapkan," ucap dia.

Baca: Jokowi Meletakkan Batu Pertama Pembangunan UIII

Indonesia, terang Jokowi,  dikenal sebagai negara berpenduduk muslim terbesar. Sudah sewajarnya Indonesia bisa menjadi pusat kajian dan kemajuan peradaban Islam.

Pembangunan kampus diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Kampus itu dibangun di atas lahan RRI di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, dengan luas lahan sekitar 142 hektare.

Terdapat tiga pilar utama yang akan disiapkan dalam membangun pusat peradaban Islam Indonesia, yaitu UIII, Pusat Pusat Budaya Islam Indonesia, dan Pusat Pengkajian Islam Strategis.


(OJE)