Pemerintah Diimbau Persiapkan Manajemen Lalu Lintas Selama Mudik

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 16 Jun 2017 12:20 WIB
Pemerintah Diimbau Persiapkan Manajemen Lalu Lintas Selama Mudik
Sejumlah kendaraan melintas di pintu keluar tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Foto: ANT/ Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto meminta pemerintah mempersiapkan manajemen lalu lintas yang baik untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2017. Hal itu harus dilakukan agar tragedi Brebes Exit (Brexit) tahun 2016 tak terulang.

“Persiapan sudah dilakukan berbagai instansi Kemenhub, KemenPUPR dan kepolisian sudah cukup ketat. Namun, karena ini event besar, sudah pasti beberapa tempat banyak kedodoran,” kata Agus dalam keterangan tertulis, Jumat, 16 Juni 2017.

Salah satu manajemen lalu lintas yang diusulkan oleh Agus yaitu mengurai kepadatan sebelum terjadi kebuntuan. Dia mencontohkan ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang sudah sampai hingga Weleri.
 
“Manajemen lalu lintas harus jitu tidak semua keluar Weleri atau Brebes, tapi sudah dimulai dari Cirebon sudah diatur sehingga masuk ke kota Semarang.  Mudah-mudahan dengan manajemen lalu lintas yang  baik bisa teratasi,” terang Agus.
 
Dari sisi keamanan, Politikus Demokrat itu meminta Polri mempersiapkan personilnya. Jika perlu, personil TNI perlu dilibatkan untuk membantu kelancaran dan keamanan pemudik. 

Selain itu, Agus menyampaikan bahwa dirinya melakukan sidak ke bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun kereta api di Semarang pada tanggal 20 Juli 2017 nanti.

“Saya akan lihat kesiapan mudik lebaran mengantisipasi apakah transportasinya telah memadai, kepada masyarakat konstituen harus diberikan pelayanan terbaik,” kata Agus Hermanto menambahkan. 
(ROS)