Presiden Minta Daerah Siapkan Bank Tanah

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 12 Aug 2017 05:57 WIB
bank tanah
Presiden Minta Daerah Siapkan Bank Tanah
Presiden Joko Widodo. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma..

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan setiap daerah untuk menyiapkan bank tanah sebagai lahan perumahan. Pasalnya ketersediaan tanah semakin terbatas sementara penduduk terus bertambah.

"Jumlah penduduk terus bertambah tapi lahan tersedia selalu tetap dan kita tidak memiliki bank tanah (land bank). Ini kalau tidak kita selesaikan, ya sampai kapanpun akan kesulitan sehingga saya juga minta setiap daerah ini menyiapkan bank tanah," kata Jokowi dalam pembukaan Pameran Indonesia Properti Expo 2017 di Jakarta Convention Center, seperti dikutip Anrara Jumat 11 Agustus 2017.

Jokowi menjelasakan, jika daerah-daerah memiliki bank tanah maka akan mudah bagi pengembang untuk membangun karena lahannya telah tersedia.

Dengan begitu, Jokowi berharap tidak ada spekulan atau mafia tanah yang menguasai sehingga harga tanah menjadi tidak wajar.

Jokowi juga mengaku sudah memerintahkan BPN (Badan Pertanahan Nasional), Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk mencari lahan yang diperlukan. Khususnya tanah di luar pulau Jawa. 

"Saya sudah perintah Menteri BPN, Menteri LHK untuk mulai melihat, mencari agar nantinya bisa kita dapatkan lahan yang dipakai untuk land bank masa depan. Bank tanah akan
datang. Kunci itu," jelas Jokowi.

Selain bank tanah, Jokowi juga menuturkan ada masalah terkait perencanaan dan pengendalian tata ruang. Terutama integrasi perumahan dengan fasilitas publik, seperti infrstruktur air bersih dan transportasi umum

"Saya tahu banyak pengembang menarik diri karena susah mendapatkan, misalnya alokasi untuk air bersih untuk rencana lokasi perumahannya atau tidak terintegrasi dengan transportasi umum yang ada. Ini kewajiban pemda untuk melihat tata ruang yang ada sehingga terintegrasi perumahan dan fasiltias publik," pungkas Jokowi.
(DEN)