Petinggi PBNU dan Muhammadiyah Bahas Upaya Pelemahan Pancasila

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 27 Jul 2017 18:57 WIB
pancasilankri
Petinggi PBNU dan Muhammadiyah Bahas Upaya Pelemahan Pancasila
Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin. Foto: MI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin bertemu dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan pejabat Kantor Staf Keperesidenan (KSP) di Kantor KSP, Jakarta. Mereka membahas friksi sosial terkini, khususnya soal ada upaya pelemahan Pancasila di masyarakat. 

"Kami diskusi tentang masalah kebangsaan dan kenegaraan. Sebab, masih adanya kelompok-kelompok yang belum memiliki komitmen kebangsaan dan kenegaraan," kata Ma'ruf di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 27 Juli 2017. 

Menurut dia, semua lapisan masyarakat sudah punya komitmen Pancasila sebagai ideologi negara adalah final. "Bagi umat Islam, negara ini sudah final, Pancasila dan NKRI karena menurut perspektif Islam, negara kita ini adalah negara kesepakatan," ujar dia.

Menurut dia, sistem kenegaraan tidak ada yang baku di dalam ajaran agama. Baik itu sistem kerajaan atau republik. "Jadi, dalam hal negara majemuk seperti Indonesia ini, maka para ulama menganggap yang tepat, ijtihadnya, adalah negara kebangsaan," ucap dia.

Ia pun menyebut sejak Indonesia berdiri, antara satu sama lain telah berjanji untuk saling bersepakat dan hidup damai. Dengan begitu, kata dia, tentu harus terjadi saling mencintai, menyayangi, membantu dan menolong satu sama lain.

"Ini merupakan satu kesatuan. Nah, belakangan itu kemudian ada kelompok-kelompok radikalis dan juga yang intoleran," kata dia. 

Menurut dia, kelompok intoleran menganggap semua orang yang tak sepakat dengan ajarannya sebagai kafir. Bukan hanya kepada orang nonmuslim, tapi juga kepada umat muslim yang tak sejalan dengan ajarannya itu

"Oleh karena itu, kelompok intoleran ini bagian yang menjadi persoalan. Maka, yang kami cari bagaimana menyelesaikan persoalan-persoalan itu dengan cara-cara yang seperti apa. Bagaimana melakukan kontraradikalisme dan deradikalisasi," pungkas dia.


(OGI)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

1 hour Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA